Bapenda Fokus Laksanakan Pendataan Potensi Pajak

benuanta.co.id, BULUNGAN – Guna memaksimalkan penerimaan pajak daerah, pada Februari hingga Maret 2023 Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melaksanakan pendataan terhadap beberapa potensi pajak.

Kepala Bapenda Kaltara, Dr Tommy melalui Kepala Bidang Pajak Daerah, Hadi Hariyanto mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan proses pendataan di semua wilayah kabupaten kota.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1939 votes

“Apalagi setelah berlakunya Undang-undang (UU) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, maka kita sesuaikan dengan objek pajak yang kita kejar,” ucapnya kepada benuanta.co.id, Rabu 1 Maret 2023.

Kata dia, pendataan yang dilakukan oleh bidang pajak dengan melibatkan UPTD Bapenda Wilayah kabupaten kota dengan menyasar objek pajak alat berat (PAB) dan objek Pajak Air Permukaan (PAP).

“Alat berat sudah kita lakukan pendataan begitu juga air permukaan,” jelasnya.

Lanjutnya, ini dilakukan untuk mengejar target pajak yang tahun ini telah ditetapkan meningkat dibandingkan tahun 2022. Pendataan dilaksanakan di semua perusahaan yang ada di Kaltara baik yang memiliki alat berat maupun yang punya potensi air permukaan.

“Semua wilayah sebenarnya potensi pajaknya ada, tapi kita mulai dari Tanjung Selor dan disesuaikan dengan UPTD masing-masing,” tuturnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *