Kembali Tinjau KIPI, Presiden Jokowi : Masa Depan Indonesia Ada di Sini

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Presiden RI Joko Widodo didampingi Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan dan Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang kembali mengunjungi proyek pembangunan Kawasan Industri Park Indonesia (KIPI) di Desa Tanah Kuning-Mangkupadi, Kecamatan Tanjung Palas Timur pada Selasa, 28 Februari 2023.

Berdasarkan keterangan pers Jokowi pada laman YouTube Sekretariat Presiden mengatakan bahwa kawasan seluas 13 ribu hektare itu akan difokuskan untuk pembangunan industri hi-fi baterai. Selain industi hi-fi, kawasan ini nantinya untuk pembangunan Petrokimia Petro Chemical.

Baca Juga :  Gubernur Dukung dan Restui PWI Kaltara Mengikuti Porwanas 2024 di Banjarmasin

“Kemudian yang ketiga untuk pembangunan industri aluminium, yang semuanya kita harapkan nanti didukung oleh energi hijau rinyobel hydro power dari Sungai Mentarang, di Kalimantan Utara,” tuturnya.

Pembangunan ini berjalan dengan transisi untuk menuju ke energy hijau seperti yang direncanakan. Jika transisi berjalan dengan baik, kata Presiden perlahan energy hijau hingga barang – barang yang dihasilkan juga produk yang hijau, maka akan menjadi kekuatan kawasan Industri Park Indonesia di Kalimantan Utara

Baca Juga :  Pemprov Kaltara Harap Dukungan Swasta untuk Pengembangan Produk TTG

“Ini adalah Green Industrial Park yang terbesar di dunia, dan inilah masa depan Indonesia. Masa depan Indonesia ada di sini. Kalau ini terealisasi dengan baik, semuanya pasti akan berbondong-bondong ke sini. Industri apapun yang berkaitan dengan green produk pasti akan menengok ke kawasan ini,” jelasnya.

Bahkan Jokowi mengungkapkan progres proyek pembangunan KIHI bakal ia diikuti terus. Ia juga menegaskan perencanaan yang sudah dirancang sebelumnya agar tidak meleset.

Baca Juga :  Sukses Bentuk DRPPA di Kaltara, DPPPA Raih Penilaian Sempurna dari Kementrian

“Saya kira kalau melihat lapangan kelihatannya tidak ada masalah. Perizinan semuanya sudah komplit, sudah siap,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2637 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *