Dinkes Kaltara Komitmen Mampu Lakukan Penanganan Stunting di Kabupaten Kota 

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Stunting menjadi salah satu fokus penanganan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltara.

Diterangkan, Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Kaltara, Priyono Pancasila melalui Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinkes Kaltara, Dadang Hermanto mengatakan upaya penanganan penurunan stunting di Bumi Benuanta tahun ini akan dilakukan dengan maksimal.

“Jadi untuk kita ketahui bahwa penanganan stunting itu tidak sama dengan penyakit pada umumnya. Intervensi yang kita lakukan tahun kemarin, dan tahun ini kami berharap Dinas Kesehatan di Kabupaten Kota tahun bisa maksimal menurunkan angka stunting,” ucapnya Minggu (26/2/2023).

Baca Juga :  Dinkes Kaltara Capai Target Tangani PTM di Lima Kabupaten Kota

Kata dia, berdasarkan hasil survei nasional SSGI tahun 2021-2022 lalu menggunakan metode sampling angka stunting di Kabupaten Kota tidak semua mengalami Block Sensus (BS)

“Tidak semua BS atau kita kenal Rukun Tetangga tidak semua kita survey. Jadi hanya beberapa sampel saja yang disurvei yang memang resikonya begitu kalau kebetulan daerah yang banyak stunting maka hasilnya stunting,” jelasnya.

Baca Juga :  Stunting di Kaltara Perlahan Turun di Angka 22 Persen

Kemudian untuk data prevelensi balita stunting (tinggi badan menurut umur) berdasarkan kabupaten kota di Provinsi Kaltara tahun 2022 katanya Kabupaten Tana Tidung mencapai 30,7 persen.

“Kabupaten Nunukan 30,5 persen, Kabupaten Malinau 23,5 persen, Kabupaten Bulungan 18,9 persen, Kota Tarakan 15,4 persen dan total secara keseluruhan di Kaltara 22,1 persen,” tuturnya.

Baca Juga :  Tarakan, Nunukan, dan Malinau Mulai Lakukan Uji Sampel Takjil

Sementara itu, untuk kegiatan survey angka update pencegahan stunting di Kabupaten Kota di Kalimantan Utara katanya dilakukan pada setiap tahun yaitu triwulan dua

“Biasanya survey update angka penurunan stunting di Kabupaten Kota update setiap tahun pada triwulan dua,” pungkasnya. (*) 

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Nicky Saputra 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *