Dinkes Kaltara Tegaskan Belum Ada Ditemukan Lagi Kasus Ginjal Akut 

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltara Usman menegaskan hingga hari ini belum ada lagi laporan kasus gagal ginjal akut di 4 kabupaten dan 1 kota di Kaltara.

“Untuk kasus gagal ginjal akut sampai hari ini belum ada lagi di kabupaten kota. Dan sudah ada penjelasan lebih lanjut dari Balai POM terkait obat apa saja yang aman dikonsumsi anak-anak,” ucapnya, Sabtu (25/2/2023).

Lebih lanjut, Usman menegaskan sudah memberi arahan kepada Kepala dinas kesehatan di kabupaten kota untuk terus giat melakukan imbauan tentang penggunaan obat sirup yang aman buat anak-anak.

Baca Juga :  Sasaran PIN Polio Didominasi Wilayah Tarakan 

“Kita sudah koordinasi dengan kepala dinas kabupaten kota dan beri surat arahan supaya terus lakukan pengawasan obat-obatan di Apotik yang aman dikonsumsi anak-anak,” bebernya.

Dia menjelaskan, bahkan bila ada ditemukan kembali kasus gagal ginjal akut pada daerah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T).

“Kita sudah persiapkan penanganan intensif dari Dinkes di Kabupaten Kota kepada pasien yang bersangkutan. Tapi terkait nantinya kalau ada temuan kita langsung rujuk ke rumah sakit terdekat,” tegasnya.

Baca Juga :  Sasaran PIN Polio Didominasi Wilayah Tarakan 

Jika diharuskan mendapat perawatan intensif ke rumah sakit luar kota Provinsi Kalimantan Utara, pihaknya bakal lakukan pengkajian terlebih dahulu.

“Ya kita lihat dulu tingkat keparahan pasien yang kena gagal ginjal akut. Apabila bisa ditangani rumah sakit provinsi ya di rumah sakit provinsi. Kalau tidak bisa di rujuk di rumah sakit provinsi ya kita bawakan ke Rumah Sakit di Surabaya atau Makassar,” pungkasnya.(adv)

Baca Juga :  Sasaran PIN Polio Didominasi Wilayah Tarakan 

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2687 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *