Pemkab dan DPRD Malinau Kompak Dukung Kegiatan Kebudayaan

benuanta.co.id, MALINAU – Terlaksananya pergelaran festival budaya adat Bulungan di Kabupaten Malinau, ternyata banyak mendapat apresiasi dari banyak pihak. Tak terkecuali dari Bupati Kabupaten Malinau Wempi W Mawa dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Malinau, Ping Ding.

Wempi W Mawa mengatakan, Pemkab Malinau sangat mendukung penuh pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Malinau melalui kebudayaan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2126 votes

Hal ini akan diwujudkan melalui lima program unggulan yang harus dibangun dan laksanakan untuk memajukan pembangunan di Kabupaten Malinau.

“Apapun itu festival kebudayaan wajib kita dukung karena budaya kita merupalan identitas kekayaan bangsa kita. Dalam hal ini Pemkab tentunya akan mendukung penuh kegiatan ini,” kata Bupati yang akrab disapa Wempi, Jumat, 24 Februari 2023.

Bahkan dalam membantuk kegiatan kebudayaan yang ada di Malinau, Wempi mengaku siap untuk memberikan alokasi anggaran tambahan ke setiap desa dalam rangka mempersiapkan festival budaya Iraw tahun 2023 ini.

“Tambahan ADD khusus festival budaya besar tiap 2 tahun sekali tersebut telah ditetapkan berdasarkan SK Bupati Malinau. Di tahun ini saya juga sudah menetapkan melalui keputusan Bupati terhadap penambahan alokasi dana desa,” ujarnya.

“Dalam penerapannya kita akan memberikan sekitar Rp 100 juta untuk setiap desa. Di mana penambahan anggaran ini khusus untuk melestarikan budaya kita,” tambahnya.

Sementara itu Ketua DPRD Malinau Ping Ding mengaku sangat mendukung pemerintah dalam melestarikan kebudayaan di Malinau, dengan memberikan komitmen bersama DPRD dan Pemkab Malinau dalam melestarikan budaya dan kesenian khas Malinau.

“Tentu hal itu sangat kita dukung, apalagi ini mengenai budaya dan kesenian kita. Di mana agar kebudayaan dan kesenian ini tidak termakan zaman, kita sebagai orang Malinau tentu harus memberikan dukungan penuh untuk kelestarian ini,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *