Dinkes Kaltara Beri Pembekalan kepada 24 Peserta PIDI di RSUD dr Jusuf SK

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) awal tahun ini kembali menerima kedatangan peserta Program Internship Dokter Indonesia (PIDI) 24 orang dokter di RSUD dr Jusuf SK Kota Tarakan.

24 dokter internship di RSUD dr Jusuf SK Kota Tarakan menerima pembekalan dari Dinkes Kaltara sejak Kamis (23/2/2023) hingga Sabtu (25/2/2023) di Hotel Padmaloka Kota Tarakan.

Kepala Dinkes Kaltara, Usman dalam hal ini diwakili Pih Kepala Bidang (Kabid) Yankes dan SDK Francky FJ Paat mengatakan tujuan pelaksanaan PIDI merupakan pemahiran dan pemandirian dokter.

Baca Juga :  Pemprov Raih PPKM Award 2023, Dinkes Kaltara Beberkan Kunci Suksesnya

“Sekaligus pemenuhan kebutuhan dokter, dan dalam mendukung pelayanan kesehatan bagi masyarakat di fasi,” ucapnya Jumat (24/2/2023).

Diungkapkannya PIDI merupakan pelatihan keprofesian praregistrasi berbasis kompetensi primer bagi calon dokter yang telah lulus kualifikasi, dan uji kompetensi kedokteran yang telah mereka tempuh selama pendidikan.

“Program Interensip Dokter Indonesia akan dilaksanakan selama satu tahun sebagai syarat untuk mendapatkan kewenangan praktek bagi dokter yang telah lulus pendidikan,” tuturnya.

Baca Juga :  Dinkes Kaltara Gelar Rakerwil II Bersama DPW Patelki

Lebih lanjut, Franky menyebutkan dokter 24 dokter yang mengikuti kegiatan PIDI telah ditempatkan di 2 wahana.

“Nunukan dan Kota Tarakan sesuai surat tugas dari Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan berlaku sejak Februari 2023 sampai Februari 2024 yaitu 12 orang dokter ISIP yang ditempatkan di wahana RSUD Nunukan, Puskesmas Nunukan dan Puskesmas Sedadap serta 12 orang lagi dari Kota Tarakan yaitu dari wahana RSUD dr. H. Jusuf SK, Puskesmas Gunung Lingkas dan Puskesmas Pantai Amal,” bebernya.

Baca Juga :  Pemprov Raih PPKM Award 2023, Dinkes Kaltara Beberkan Kunci Suksesnya

Sebagai informasi, kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh peserta internsip, dokter pendamping, pimpinan wahana, perwakilan RSUD dr. H. Jusuf SK, Puskesmas Pantai Amal, Puskesmas Gunung Lingkas, RSUD Nunukan, Puskesmas Sedadap, Puskesmas Nunukan, Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan, Dinas Kesehatan Kota Tarakan, Sekretariat KIKI Provinsi serta Sekretariat Pusat sebagai panitia,” pungkasnya. (adv)

Reporter : Georgie Silalahi

Editor : Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *