Kota Tarakan Kembali jadi Lokasi Tes CPNS dan PPPK Tahun 2023  

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Kota Tarakan masih akan menjadi tuan rumah untuk diselenggarakannya tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah Perjanjian Kontrak (PPPK) tahun 2023.

Analis Kepegawaian Muda BKD Kaltara Arya Mulawarman mengungkapkan, bahkan untuk proses lanjutan seleksi PPPK lulusan tahun 2022 lalu, pihaknya masih mengandalkan Kota Tarakan sebagai lokasi dilakukannya serangkaian tes.

“Soalnya hanya Tarakan yang saat ini masih kita anggap layak dan sesuai standar untuk menjadi lokasi ujian atau test penerimaan CPNS dan PPPK,” kata pria yang akrab disapa Arya, Kamis, 23 Februari 2023.

Ia menjelaskan pada tahun ini pihak BKD Provinsi Kaltara belum dapat memastikan apakah akan memilih lokasi tes CPNS di luar Kota Tarakan atau tidak. Mengingat saat ini, hanya Kota Tarakan saja yang dianggap paling memadai untuk dilakukan Computer Assisted Test (CAT) penerimaan CPNS dan PPPK.

“Kemungkinan besar jika tahun ini ada penerimaan tes CPNS dan PPPK, maka lokasinya masih akan di Kota Tarakan. Baik tes untuk penerimaan provinsi atau kabupaten/kota. Semuanya kemungkinan besar masih di Kota Tarakan,” ungkapnya.

“Tapi kita juga masih menunggu informasi terkininya, mengenai kesiapan daerah lain untuk melakukan tes secara mandiri. Artinya setiap daerah memiliki kewenangan untuk menyediakan lokasi untuk tes, tapi jika ternyata belum siap. Maka test penerimaan CPNS ataupun PPPK, masih tetap dilakukan di Kota Tarakan,” terangnya.

Lebih lanjut ia menuturkan nantinya BKD Kaltara akan mengusulkan skema zero growth dalam perekrutan pegawai baru.

”Kami usulkan itu zero growth artinya menyesuaikan dengan jumlah pegawai yang sudah berhenti dengan begitu menyesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *