Waspada Penyakit di Tengah Cuaca Tidak Menentu

benuanta.co.id, MAKASSAR – Masyarakat perlu mewaspadai datangnya penyakit di tengah terjadinya cuaca yang tidak menentu. Di mana belakangan ini sejumlah daerah di Sulawesi Selatan dilanda hujan lebat disertai angin kencang yang mengakibatkan banjir.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel Rosmini Pandin menyebutkan beberapa jenis penyakit cukup rawan menyerang di tengah cuaca tidak menentu. Di antaranya infeksi saluran pernafasan (ISPA), penyakit kulit dan diare.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1578 votes

“Nah ini penyakit yang paling mendasar di cuaca seperti ini,” kata Rosmini.

Selain itu, dia membeberkan langkah pencegahan agar terhindar dari penyakit di tengah cuaca seperti ini. Disarankan mengonsumsi air bersih, kesehatan lingkungan serta mengedukasi agar dalam kondisi apapun tetap steril.

“Di cuaca ekstrem ini apapun itu kita harus berlaku hidup sehat dan apabila ada keluhan segeralah berobat,” ujarnya, Senin (20/3/2023).

Berkenaan dengan itu, Guru Besar Universitas Hasanuddin (Unhas) Bidang Kesehatan, Prof. Idrus Paturusi mengatakan, cuaca ekstrim yang mengakibatkan banjir mengundang penyakit

Maka dia berharap, masyarakat memeriksakan diri apabila memiliki gejala-gejala penyakit tertentu. Sehingga Prof Idrus mengimbau kepada masyarakat luas agar tetap waspada selama periode cuaca ekstrim yang tidak menentu ini.

“Kita perlu untuk menghindari daerah yang tergenang banjir sehingga penyakit bisa terhindar,” tukasnya. (*)

Reporter: Akbar

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *