Tiga Desa Ini Disebut Potensi Dikembangkan jadi Desa Wisata Nasional

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mendorong adanya desa wisata lain selain desa wisata Pulau sapi di Kaltara.

Diketahui saat ini Desa Pulau Sapi yang ada di Kabupaten Malinau merupakan satu-satunya desa wisata di Kaltara yang sudah berstandar nasional.
Kepala Dinas Parisiwata Kaltara, Njau Anau mengatakan ada beberapa desa di Kaltara yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi desa wisata.

Baca Juga :  Dispar Ingin Situs Cagar Budaya Jadi Pusat Pendidikan dan Warisan Sejarah Kaltara

Seperti Desa Setulang, Desa Apau Ping dan Desa Long Alanggo yang juga berada di Kabupaten Malinau.

“Khususnya Desa Setulang. Desa ini sangat berpotensi sekali untuk menjadi desa wisata berstandar nasional berikutnya dan hal ini juga sedang kita urus bersama,” kata Njau, Senin (20/2/2023).

“Termasuk Desa Long Alanggo dan Desa Apau Ping, yang dimana desa-desa ini sangat memenuhi kriteria untuk menjadi desa wisata yang berstandar nasional,” tambahnya.

Baca Juga :  Dispar Dorong Pemda Ikut Mengembangkan Pariwisata Situs Sejarah dan Budaya

Masuknya desa wisata lokal menjadi desa wisata nasional harus memenuhi beberap kriteria dan persyaratan dari kementerian. Syarat-syarat ini juga yang biasanya menyulitkan pihak desa untuk memenuhinya. Seperti memiliki pengurus yang tetap, wisata alam yang banyak, besih serta memiliki struktur lingkungan yang jelas.

“Nanti tim peninjau akan menilai ini semua dan jika ada satu syarat yang tidak terpenuhi, maka desa itu akan semakin sulit diresmikan menjadi desa wisata berstandar nasional,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Dispar Ingin Situs Cagar Budaya Jadi Pusat Pendidikan dan Warisan Sejarah Kaltara

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2653 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *