Pemprov dan DPRD Kaltara Bahas 4 Ranperda

benuanta.co.id, BULUNGAN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) kembali bertemu dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltara dalam rapat paripurna. Agendanya pandangan umum fraksi-fraksi terhadap 2 nota pengantar rancangan peraturan daerah (Ranperda) prakarsa Pemprov Kaltara. Kemudian pendapat Pemprov Kaltara terhadap 2 nota penjelasan Ranperda inisiatif DPRD Kaltara.

Wakil Ketua II DPRD Kaltara Andi Muhammad Akbar yang memimpin rapat paripurna ke-4 mengatakan, ada 2 agenda pertama pandangan umum yang disampaikan oleh 6 fraksi yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Kaltara Yansen Tipa Padan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1542 votes

“Dua ranperda prakarsa pemerintah yaitu Ranperda Kerugian Akibat Pencemaran atau Kerusakan Lingkungan Hidup, serta Ranperda Perubahan Atas Perda Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Kaltara,” sebutnya kepada benuanta.co.id, Senin 20 Februari 2023.

Dia menjelaskan usai pandangan umum, agenda lanjutan berupa pendapat pemerintah terhadap 2 ranperda inisiatif DPRD diantaranya Ranperda Pelestarian dan Pengelolaan Cagar Budaya serta Ranperda Penyelenggaraan Keolahragaan.

Wagub Kaltara Yansen TP dalam rapat paripurna mengatakan jika Ranperda inisiatif DPRD ini sangat penting adanya. Seperti Ranperda Pelestarian dan Pengelolaan Cagar Budaya misalnya dinilai sangat dibutuhkan sebagai payung hukum terhadap cagar budaya yang ada di Kaltara.

“Ranperda ini sangat dibutuhkan dalam rangka menjaga dan melestarikan budaya daerah yang ada di Provinsi Kaltara,” tuturnya.

Dia menyebutkan saat ini terdapat kurang lebih 157 cagar budaya bahkan lebih tersebar diseluruh kabupaten kota di Kaltara.

“Kami pun menyambut baik atas inisiatif DPRD Kaltara atas Ranperda ini,” bebernya.

Sementara untuk Ranperda Penyelenggaraan Keolahragaan merupakan bentuk perhatian dan kepedulian DPRD Kaltara terhadap kepeduliannya dalam bidang olahraga. Sehingga dengan Ranperda tersebut lebih meningkatkan perhatian pemerintah daerah dalam bidang olahraga.

“Untuk diketahui untuk pertama kalinya Pemprov Kaltara berhasil menyelenggarakan Porprov yang diikuti oleh 5 kabupaten kota,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *