Kaltara Masih Didominasi Hujan Ringan

benuanta.co.id, TARAKAN – Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tarakan mengeluarkan prediksi cuaca untuk wilayah Kaltara pada 20 hingga 21 Februari 2023.

Forecaster BMKG Tarakan, Ida Bagus Gede Yamuna menjelaskan pada Senin, 20 Februari 2023 wilayah Tarakan dan Bulungan diprediksi terjadi hujan ringan. Sementara wilayah lainnya diprediksi cerah berawan hingga berawan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2018 votes

Untuk siang harinya hujan ringan kembali terjadi di Nunukan, Malinau, KTT dan Tarakan.

Baca Juga :  Atasi Masalah Lingkungan, Pj Wali Kota Tarakan Upayakan Penanganan Sampah 

“Di Bulungan diprediksi berawan untuk siang harinya,” kata Bagus, Senin (20/2/2023).

Pada malam hari diprediksi terdapat potensi hujan petir di wilayah Bulungan, hujan ringan hingga sedang di Malinau dan KTT.

“Sementara wilayah lainnya cerah berawan hingga berawan,” sebut dia.

Lanjut, prediksi cuaca pada Selasa, 21 Februari 2023 dini hari terdapat hujan ringan di Bulungan dan Tarakan. Sementara wilayah lainnya diprediksi berkabut.

Baca Juga :  Berkat Gubernur Kaltara, Bandara Juwata Tarakan Dapat Extra Flight Arus Balik dari 2 Maskapai

Bagus menguraikan sebagian besar wilayah Kaltara diprediksi cerah berawan hingga berawan pada pagi hingga siang hari. Sementara untuk siang hingga sore hari di wilayah Nunukan, Malinau dan KTT diprediksi hujan ringan.

“Pada malam harinya diperkirakan terjadi hujan ringan yang merata di seluruh wilayah Kaltara. Ini berlangsung hujan ringan hingga dini hari di Kota Tarakan dan wilayah lainnya berkabut,” urainya.

Bagus menjelaskan kondisi berkabut ini sering kali terjadi di wilayah Bulungan dan Malinau . Hal ini disebabkan oleh kondisi dataran tinggi yang berada di sebelah barat Kaltara biasanya menjelang dini hari kabut memang sering terjadi.

Baca Juga :  Tak Bisa Pasang PJU di Depan Landasan, Pemkot Usahakan Cari Jalan Keluar 

Ia menambahkan untuk prediksi gelombang dalam dua hari ke depan masih terpantau normal dan tenang. Namun yang perlu diwaspadai ialah angin kencang yang melebihi dari 15 knots.

“Sehingga untuk teman-teman nelayan yang pergi melaut ke arah perairan Sulawesi bagian Barat diharapkan berhati-hati dan waspada juga,” tandasnya. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Nicky Saputra 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *