KPU Kaltara Harapkan Partisipasi Aktif Anak Muda untuk Kawal Pemilu 2024

benuanta.co.id TARAKAN – Proses tahapan Pemilu 2024 Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) sedang berjalan dalam tahapan pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap (DPT). KPU Kaltara menilai tahun ini terjadi peningkatan peserta pemilih baru, khususnya generasi Z.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kaltara Suryanata mengatakan, pada pesta demokrasi tahun 2024 mendatang, pemilih dari generasi Z diprediksi meningkat.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1586 votes

“Secara angka pasti saya belum dapat laporan, tetapi peningkatannya tersebut sangat signifikan,” ucapnya kepada benuanta.co.id, Ahad (19/2/2023).

Baca Juga :  Hasto Sebut Megawati tidak Masalah Bertemu Prabowo

Merespon besarnya potensi pemilih baru tersebut. KPU Kaltara menyusun strategi untuk meningkatkan partisipasi aktif anak muda dalam proses pemungutan suara Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

“Kami sedang menyiapkan langkah-langkah sosialisasi untuk menggaet peserta pemilih pemula atau generasi Z ini. Karena mereka ini pemilih yang potensial, menjadi ujung tombak KPU untuk sosialisasi,” jelasnya.

“Karena generasi mereka ini lebih intens di media sosial. Jadi, secara penggunaan teknologi mereka itu lebih paham, mereka ini kemudian menjadi bagian yang akan kami sasar dalam kegiatan tahapan Pemilu,” bebernya.

Baca Juga :  Mendagri Tegaskan Penjabat Kepala Daerah Ikut Pilkada Harus Mundur

Mengenai strategi menumbuhkan kesadaran politik calon DPT baru tersebut, Suryanata menjelaskan pihaknya telah menyiapkan banyak program untuk memancing keterlibatan generasi Z tersebut.

“Kebetulan kami punya program, baik Pemilu ataupun Pilkada yang namanya Relawan Demokrasi dengan banyak segmentasi. Termasuk untuk teman-teman generasi Z kami pun ingin melibatkan. Kami punya program go to school, go to campus, untuk keterlibatan mereka,” terangnya.

Pelaksanaan program ini kemudian diharapkan dapat meningkatkan kualitas partisipasi peserta pemilih baru, agar calon pemilih baru tidak terjebak pada pilihan pragmatis partai politik.

Baca Juga :  PDI Perjuangan Bersyukur Bisa Menang Pileg Tiga kali Berturut-turut

“Kalau kita liat partisipasi pada 2019 lalu. Kaltara ini di atas 75 persen, tapi kita tidak puas hanya dari segi kuantitas,” tandasnya.

Masih Suryanata, KPU tentunya mengharapkan leran aktif anak muda, khususnya generasi Z untuk berpartisipasi mengawal beragam agenda Pemilu 2024 yang akan datang.

“Kami (KPU) ingin kelompok muda generasi Z ini tidak apatis terhadap politik, karena selanjutnya generasi ini yang akan menjadi aktor yang berperan dalam kegiatan demokrasi ke depan,” tutupnya. (*)

Reporter: Edo Asrianur

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *