Hadapi Pemilu, 480 Petugas Pantarlih Tanjung Selor Dilantik

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Menyambut Pemilu serentak tahun 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada kabupaten dan kota di Kaltara melakukan persiapan.

Salah satunya melantik 480 petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) hasil seleksi perekrutan KPU Bulungan, pada Ahad (12/2/2023). Ratusan petugas ini akan bertugas melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih di Pemilu 2024.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1548 votes

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltara, Suryanata Al Islami mengatakan pelantikan petugas Pantarlih serentak dilakukan seluruhnya KPU kabupaten kota di Kaltara.

Baca Juga :  Ganjar-Mahfud Siap Hadapi Sidang Perdana PHPU di MK

“Secara khusus saya menghadiri di Bulungan pelantikan teman-teman Pantarlih se-Kecamatan Tanjung Selor,” ujarnya Ahad (12/2/2023).

Ia mengatakan pekerjaan menjadi petugas Pantarlih sangat penting dan strategis, karena untuk memastikan akurasi dan kevalidan data pemilih ke depan.

Lebih lanjut, Suryanata berharap kepada para petugas Pantarlih yang telah dilantik harus bekerja maksimal.

“Harus ada supervisi ketat dari teman-teman KPU kabupaten kota PPK dan PPS terhadap teman-teman Pantarlih,” tegasnya.

Baca Juga :  PDI Perjuangan Bersyukur Bisa Menang Pileg Tiga kali Berturut-turut

Selain itu, Surya, sapaan akrabnya telah mengingatkan petugas Pantarlih KPU kabupaten kota agar memperkuat jalin sinergitas.

“Soliditas teman-teman penyelenggara di bawah dengan jajaran yang berjenjang di atasnya. Agar tidak ada lagi yang berbeda-beda penanganannya dalam proses Coklit data pemilih,” tuturnya.

Kemudian sebagai informasi, Suryanata menjelaskan pada tanggal 6 Februari lalu KPU Kaltara sudah melakukan verifikasi faktual (verfak) dukungan calon perseorangan.

Baca Juga :  Anies: Kepada MK Kami Titipkan Keputusan yang Adil

“Tanggal 6 kemarin sudah dilakukan pelaksanaan verifikasi faktual dukungan calon perseorangan yang hari ini juga berproses,” bebernya.

Setelah tahapan verifikasi faktual selesai, Suryanata menyebut, 14 Februari mendatang KPU kabupaten kota se-Kaltara bakal melaksanakan kirab pemilu.

“Dalam rangka persiapan 1 tahun menjelang pemilu 2024. Di Kalimantan Utara kita sedang finalisasi kegiatan kirab Pemilu yang juga kita libatkan KPU kabupaten kota,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *