KPU Tarakan Mulai Lakukan Proses Pemutakhiran Data Pemilih

benuanta.co.id, TARAKAN – Persiapan untuk pemutakhiran data pemilih saat ini sedang berproses pada pemetaan data Tempat Pemilihan Suara (TPS). Proses pemetaan ini juga nantinya akan mencocokan dan meneliti data pemilih di lapangan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tarakan, Nasruddin mengatakan pihaknya telah menurunkan anggota terkait pemetaan data TPS ini sejak 12 Februari hingga 14 Maret 2023. Mekanisme pendataan ini langsung menyambangi rumah warga guna mengetahui warga tersebut telah terdaftar sebagai pemilih atau tidak.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1591 votes

“Petugasnya kita ambil dari masyarakat juga. Tentu melalui seleksi juga. Kita mau petugasnya betul-betul memahami kondisi di wilayahnya sehingga tidak kesulitan mencari data warganya,” katanya saat dikonfirmasi, Jumat (10/2/2023).

Baca Juga :  DKP Kaltara Tes Kandungan Formalin pada Ikan di Tiga Pasar Tradisional Tarakan

Pemilihan petugas inipun melalui rekrutmen anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang juga terdapat syarat dan kualifikasi khusus. Diantaranya, harus berwarga Negara Indonesia, berumur 17 tahun dan telah memiliki KTP Elektronik, dan berdomisili di wilayahnya lainnya.

Pada tahapan pemutakhiran ini telah terdapat daftar pemilih terkahir yang digabungkan dengan data dari pemerintah. Saat ini data tersebut telah disinkronkan dengan data kependudukan di wilayah Tarakan.

Baca Juga :  Mendagri Tegaskan Penjabat Kepala Daerah Ikut Pilkada Harus Mundur

“Jadi nantinya itu yang pasti datanya setelah coklit. Akan diketahui apakah ada penambahan atau tidak dari TPS nya,” sebut Nasruddin.

Pada proses ini tak berhenti sampai disitu saja. Nantinya juga akan ada proses Daftar Pemilih Sementara (DPS), Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan yang terakhir Daftar Pemilih Tetap (DPT). Pada momen Pemilu 2024 nanti, pihaknya belum mampu mengetahui apakah akan ada kenaikan DPT. Namun, data pemilih yang ada saat ini disinyalir mengalami peningkatan dibandingkan Pemilu sebelumnya.

Baca Juga :  Anies: Kepada MK Kami Titipkan Keputusan yang Adil

“Ini tahapannya bulan 6. Tanggal 21 Juni kita sudah tahu berapa DPT Tarakan. Kalau tahun kemarin itu 140 ribuan. Untuk proyeksi kita data dasarnya 169 ribuan ya ada kenaikan lah untuk data pemilih. Ini untuk data pemilih ya bukan DPT,” tutup Nasrudin.(*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *