Operasi Keselamatan Kayan 2023 di Nunukan Soroti Kasus Laka Lantas

benuanta.co.id, NUNUKAN – Kepolisian Resor (Polres) Nunukan melaksanakan Operasi Keselamatan Kayan 2023, operasi tersebut digelar sejak tanggal 7 Februari hingga 20 Februari 2023 mendatang.

Kapolres Nunukan AKBP Taufik Nurmandia menyampaikan, Operasi Keselamatan Kayan 2023 yang digelar untuk mencegah angka Laka lantas serta memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) dalam masyarakat.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1567 votes

“Operasi ini akan dilaksanakan serentak di wilayah hukum Polda Kaltara selama 14 hari ke depan,” kata Taufik Nurmandia, Selasa (7/2/2023).

Taufik mengatakan, melalui operasi ini, pihaknya akan melakukan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi atau tempat, pelaku dan waktu terjadinya pelanggaran serta kemacetan lalu lintas.

Baca Juga :  Listrik Padam di Nunukan Disebabkan Monyet

Selain itu, personel juga akan melakukan kegiatan yang bersifat preemtif berupa pembinaan dan penyuluhan masalah lalu lintas kepada seluruh elemen masyarakat.

Kemudian, personel juga akan melakukan kegiatan preventif berupa pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli serta pengawasan dan pengendalian kegiatan masyarakat. Personel juga akan melakukan penindakan baik berupa teguran maupun penilangan.

Mantan Kapolres Kota Tarakan ini mengutarakan, adapun target dari Operasi yakni untuk mewujudkan dan memelihara keamanan dan patu berlalu lintas. Selain itu, untuk
meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat korban kecelakaan lalu lintas. Serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

“Untuk target operasinya yakni Pengendara baik roda dua maupun roda empat, pejalan kaki, kelengkapan dokumen kendaraan, kemudian lokasi-lokasi yang rawan terjadi pelanggaran lalulintas,” jelasnya.

Baca Juga :  12 Kasus Karhutla Terjadi di Nunukan Selama 2 Bulan Terakhir

Tidak hanya berpesan kepada seluruh elemen masyarakat agar patuh dalam berlalu lintas, Taufik menyampaikan pesan kepada seluruh personel yang terlibat operasi Keselamatan Kayan 2023 untuk dapat melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Yang terpenting harus kedepankan sikap humanis, jaga kesehatan, tingkatkan kewaspadaan, utamakan keselamatan, dan semoga apa yang kita kerjakan nantinya menjadi ladang ibadah buat kita semua dan keluarga kita,” ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan data Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Nunukan selama tahun 2022 mencatat puluhan nyawa telah melayang akibat kecelakaan lalu lintas, bahkan data tersebut meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2021 lalu.

Kasat lantas Polres Nunukan, Akp Arofiek Aprilian Riswanto mengatakan dari total 45 kasus Laka lantas selama tahun 2022, total ada 20 korban yang meninggal dunia. Sedangkan untuk kasus 2021 dengan total kasus yang sama telah menelan 11 korban jiwa.

Baca Juga :  Listrik di Nunukan Padam Sejak Pagi, PLN Katakan Masih Identifikasi Penyebabnya

“Untuk data tahun lalu, dari total puluhan kasus tersebut, terdiri dari 36 orang pengendara laki-laki dan 9 orang perempuan dengan total kerugian materil mencapai Rp138 juta,” kata Arofiek.

Sementara itu, untuk korban yang mengalami luka berat ada 19 orang sedangkan 38 korban mengalami luka ringan.

Arofiek menambahkan, meningkatnya kasus Laka lantas di Nunukan sebagian besar disebabkan oleh human error atau kelalaian. Bahkan sejumlah korban yang tewas merupakan umur dewasa dan beberapa di antaranya berstatus masih di bawah umur dan pelajar.(*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *