Melestarikan Budaya, Anggota DPRD Malinau Jainaludin Rencana Buat Buku Kamus Bahasa Tidung

benuanta.co.id, MALINAU – Pemerintah Daerah (Pemda) Nunukan telah membuat buku Kamus Bahasa Tidung, kini anggota DPRD Malinau Jainaludin pun berinisiatif untuk membuat buku kamus bahasa Tidung.

Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Malinau Jainaludin, menyampaikan di Malinau baru-baru ini telah terbentuk Forum Komunikasi Warga Tidung (FKWT), menurutnya itu semangat baru bagi masyarakat Tidung di Kabupaten Malinau.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1586 votes

Hadirnya FKWT di Malinau tentu akan membawa dampak positif bagi masyarakat, terutama bagi masyarakat Tidung yang mendiami wilayah ini.

“Kita juga akan berupaya untuk membuat Kamus bahasa Tidung, yang nantinya akan dimasukkan di kurikulum atau ekstrakurikuler atau mata pelajaran lokal,” kata Jainaludin, kepada benuanta.co.id, Sabtu (4/2/2023).

Dengan menambahkan pembelajaran bahasa lokal ini dengan tujuan agar generasi penerus tidak akan kehilangan bahasa terutama bahasa Tidung.

Jika melihat sendiri sangat khawatir dengan perkembangan anak-anak sekarang. “Saya saja sebagai orang Tidung berusaha sekali agar anak-anak saya bisa berbahasa Tidung,” jelasnya.

Dia berharap kepada seluruh warga Tidung yang ada di Kabupaten Malinau, tidak melupakan bahasa daerahnya.

Ia juga mengapresiasi kegiatan masyarakat yang menggelar ulang tahun dengan tema Tidung.

“Anak-anak muda jangan sampai terpengaruh dengan dunia luar tapi harus bisa menjaga kelestarian budaya suku mereka masing-masing, jika dia orang Tidung ya Tidung,” pungkasnya.(*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *