Berita Gembira, Tahun Ini Gubernur Naikkan Insentif Guru se-Kaltara, Alokasikan Rp 100 M

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) telah mengalokasikan 4 bantuan anggaran keuangan khusus tahun 2023.

Berdasarkan keputusan Gubernur Kaltara nomor 188.44/K.6/2023 Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) telah mengalokasikan 4 bantuan anggaran 2023 keuangan untuk 5 kabupaten kota.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1208 votes

Keempat bantuan keuangan khusus tersebut meliputi penyuluhan pertanian ASN dan non ASN, penyuluh perikanan ASN dan non ASN, bantuan tenaga kependidikan ASN dan non ASN, hingga keuangan khusus untuk pendidik se-kabupaten dan kota di Kaltara.

Baca Juga :  Atensi Gubernur Zainal, Usulan 1.403 Formasi P3K dan 65 CPNS Disetujui KemenPAN-RB 

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kaltara Denny Harianto menjelaskan bahwa tahun ini ada beberapa kegiatan di luar program.

“Sebagai belanja Pejabat Pengelola Keuangan Daerah atau PPKD seperti beri bantuan baik umum dan khusus kepada kabupaten kota yaitu salah satunya belanja hibah dan belanja subsidi,” tuturnya Kamis (2/2/2023).

Menurutnya ada salah satu program unggulan Gubernur Kaltara dan Wakil Gubernur Kaltara yang akan dibantu semaksimal mungkin oleh BKAD. Yaitu bantuan intensif kepada tenaga kependidikan dan pendidik.

“Ya memang di luar kewenangan kita. Terdiri dari guru TK, tutor PAUD, guru SD dan SMP, terus penyuluh pertanian, perikanan itu yang kita berikan,” bebernya.

Baca Juga :  Atensi Gubernur Zainal, Usulan 1.403 Formasi P3K dan 65 CPNS Disetujui KemenPAN-RB 

Kata dia, total alokasi anggaran 4 bantuan keuangan khusus BKAD Kaltara sampai bulan September mendatang mencapai Rp 75 miliar lebih.

“Tapi insyaAllah kita tetap anggarkan satu tahun. Kita seperti itu mekanisme penganggarannya. Jadi untuk tahun ini 2023 itu kurang lebih sudah kita anggarkan 9 bulan Rp 75.528.900, Kalau untuk nanti 12 bulannya kurang lebih Rp 100.705.200,” jelasnya.

DATA: Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kaltara Denny Harianto saat menunjukkan data alokasi anggaran bantuan keuangan khusus dari Pemprov Kaltara kepada Pemkab Bulungan tahun anggaran 2023.

Kemudian secara khusus bantuan keuangan untuk pendidik dan tenaga kependidikan dari BKAD Kaltara tahun lalu mencapai Rp 550 ribu per-bulan.

“Kalau tahun ini ada kenaikan Rp 100 ribu menjadi Rp 650 ribu, ini luar biasa berita gembira untuk semua guru. Kenaikan ini juga kebijakan bapak Gubernur Kaltara memberikan insentif,” tuturnya.

Baca Juga :  Atensi Gubernur Zainal, Usulan 1.403 Formasi P3K dan 65 CPNS Disetujui KemenPAN-RB 

Lebih lanjut, sistem pengiriman anggaran bantuan keuangan khusus untuk pendidik dan tenaga kependidikan yakni mentransfer ke pemerintah kabupaten kota.

“Kita sistem transfer ke kabupaten kota ke dinas pendidikan nanti langsung ke rekening masing-masing si penerima,” bebernya.

Lalu sebagai informasi, total keseluruhan penerima bantuan khusus untuk guru PAUD, TK, SD, SMP mencapai 12.706 orang di lima kabupaten kota se-Kaltara.

“Peserta tersebut yang sudah lolos verifikasi dari teman-teman diknas,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *