Wabup Malinau Zakaria Apresiasi Anak Muda Melestarikan Budaya Tidung

benuanta.co.id, MALINAU – Wakil Bupati (Wabup) Malinau Zakaria mengapresiasi kegiatan ulangan tahun istri Samsul Hadi yakni Nurdiana US dengan mengangkat tema pelestarian budaya suku Tidung di Malinau dengan menggunakan pakaian khas daerah.

Kata Zakaria, ini merupakan ide cemerlang, dan di Malinau ada 11 lembang adat salah satunya suku Tidung. Suku Tidung merupakan suku asli yang mendiami di Kabupaten Malinau, sehingga diperlukan untuk dilestarikan seperti budaya, baik itu di menggunakan pakaian adat maupun melestarikan seni budaya.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2084 votes

“Kami bangga ada warga kita di Malinau mulai membuat inovasi yang memperkenalkan budaya di momen ulang tahun istrinya, ini akan kita gaungkan terus,” kata Zakaria, kepada benuanta.co.id, Selasa (31/1/2023).

Sebagian pemerintah sangat merespon positif dengan kegiatan tersebut, dan mengapresiasi, dia juga berharap agar masyarakat suku Tidung tidak hanya menggunakan pakaian adat saja atau kebesaran tapi juga bahasa dialek bisa dilestarikan dan tidak sungkan dan segan untuk berbahasa daerah, baik itu di Wilayah sendiri maupun di luar daerah.

“Saya berharap kepada pemuda atau generasi Tidung bisa terus menghidupkan, apalagi populasi yang cukup besar di Kalimantan Utara, bahwa sampai ke wilayah Malaysia,” jelasnya.

Satu-satunya tempat berdomisili orang tidung terbesar itu ada di Kalimantan Utara, jika bukan dari kita siapa lagi, kalau tidak sekarang kapan lagi untuk melestarikan budaya lokal suku Tidung.

Kegiatan seperti ini bisa diikuti oleh generasi Tidung dalam momen acara seperti ini, harus bisa menampilkan adat dan budaya, salah satunya pakaian.

Selain itu, perkembangan zaman dan teknologi wajib disesuaikan namun adat dan budaya adalah titipan leluhur yang harus terus dikembangkan. “Jadi suka adat budaya ini akan tetap kita pertahankan karena ini amanah dari leluhur kita,” pungkasnya.(*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *