Debit Air di Sembakung Makin Naik

benuanta.co.id, NUNUKAN – Banjir merendam 4 desa di Kecamatan Sembakung. Debit air terus mengalami kenaikan hingga kini mencapai 4,65 meter pada Selasa, 31 Januari 2023.

Kasubid Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nunukan, Muhammad Basir, menyampaikan banjir di Sembakung sejak hari Senin hingga saat ini air masih mengalami kenaikan dengan ketinggian air 4,65 meter dari kemarin setinggi 4,55 meter.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1581 votes

“Ketinggian air pagi pada pukul 08.00 Wita, mencapai 4,65 meter masih ada kenaikan debit air yakni 10 cm dari sebelumnya 4,55 meter,” kata Basir, kepada benuanta.co.id.

Baca Juga :  386 PMI Bermasalah Dipulangkan dari Malaysia ke Nunukan 

Kondisi di RT 6 dan 7 kampung Tembelunu, Desa Atap sebagian rumah warga terendam air dan akses jalan tidak bisa lagi di lewati dengan kendaraan bermotor. Sehingga warga menggunakan perahu.

“Sebagian rumah mereka ada yang terendam air, tapi mereka tetap memilih bertahan di dalam rumah dari pada mengungsi,” jelasnya.

Saat ini ada 4 desa yang terendam air akibat banjir di Kecamatan Sembakung, di antaranya Desa Atap, Desa Manuk Bungkul, Desa Lubakan dan Desa Tagul. Curah hujan juga masih tinggi turut menambah debit air di sungai.

Baca Juga :  Pelabuhan Tunon Taka Diprediksi Sepi Penumpang pada Arus Mudik 2024

Basir juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dengan keadaan saat ini, terutama pada anak-anak jangan sampai lepas dari pengawasan orang tua.

Sedangkan sejak kemarin fasilitas yang sudah terendam air di antaranya Gedung BPU,GOR, SDN 002, SDN 001, SDN 013, kantor BPD, kantor PLN, PMK pemadam.(*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *