Gubernur Tekan OPD Bekerja Baik, Jika Buruk akan Dipasangi Bendera Hitam

benuanta.co.id, BULUNGAN – Seperti slogan Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang saat pertama menjabat, jika Gubernur dan Wakil Gubernur berlari maka seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) harus berlari jika tidak ada ketinggalan.

Hal itulah yang terus diterapkan sampai saat ini, bahkan saat ada OPD yang kinerjanya tidak baik maka diberikan tanda berupa bendera hitam. Sementara OPD yang kinerjanya baik akan dipasangi bendera hijau.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1590 votes

“Kita sudah terapkan, penilaian kita ada 3 OPD yang terbaik dan 3 OPD terjelek. Ini sudah kita berikan bendera, pelaksanaannya kemarin di Tarakan,” ucap Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang kepada benuanta.co.id, Kamis 26 Januari 2023.

Baca Juga :  Target Pengmpulan Zakat Kaltara Capai Rp 3 Miliar

Dia menyebutkan jika OPD ini setiap per 3 bulan dilaksanakan evaluasi, jika mengalami peningkatan kinerja maka bendera hitam ini akan diturunkan. Dimana indikator penilaiannya sendiri dimulai dari kebersihan kantor, kecepatan pelayanan dan lainnya.

“Termasuk penyerapan anggaran, kalau sudah di bawah 70 persen OPD ini telah masuk ditengah-tengah, apalagi 50 persen maka ini sudah masuk,” tuturnya.

Baca Juga :  Safari Ramadan, Wakil Gubernur Yansen TP Sambut Baik Kedatangan Pangdam VI/Mulawarman

Zainal menegaskan ketika OPD yang diberikan bendera hitam, pada evaluasi selanjutnya masih masuk dalam kategori buruk. Pihaknya pun akan memberikan teguran keras untuk memperbaiki kinerjanya.

“Tapi dalam menilai kita harus objektif juga, jangan sampai sudah memberikan pelayanan yang baik tapi diberikan nilai yang jelek,” paparnya.

Dirinya pun terima meminta para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memperlihatkan kinerja yang profesional, harus melayani dengan prima.

Baca Juga :  Dua OPD Pemprov Kaltara Paling Produktif Tahun Ini

“ASN harus tangguh dan selalu berinovasi,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *