Bantu Pengungkapan Kasus, Kapolda Minta Pasang CCTV

benuanta.co.id, BULUNGAN – Jumat curhat yang ke sekian kalinya, Polda Kaltara kali ini mengundang para pimpinan perbankan yang ada di Tanjung Selor. Salah satu yang dibahas maraknya aksi penipuan dan aplikasi yang membahayakan nasabah.

Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya pun meminta kepada nasabah yang mendapatkan informasi yang mengatasnamakan bank untuk melaporkan ke pihak kepolisian.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2128 votes

“Aksi penipuan kerap terjadi, untuk itu kami meminta masyarakat agar lebih berhati-hati. Permintaan bantuan dana dengan mengatasnamakan kepolisian juga kadangkala menimpa kami,” tuturnya, Jumat 27 Januari 2023.

Baca Juga :  ICMI Muda Kaltara Dukung Penangkalan Paham Radikalisme, Hoax, dan Money Politic

Pihaknya pun meminta pihak perbankan untuk melakukan edukasi kepada setiap nasabahnya, jika bank tidak pernah menghubungi dengan menggunakan nomor pribadi. Apalagi memberikan informasi adanya hadiah namun menggunakan link pada aplikasi.

“Hal inilah yang perlu di waspadai, untuk tidak menekan link yang dibagikan biasanya di aplikasi WhatsApp,” tuturnya.

Untuk keamanan lingkungan perbankan, Kapolda Kaltara mengingatkan untuk memperbanyak memasang kamera CCTV, tidak hanya didalam ruangan bank. Namun pemasangan di luar kantor bank terutama yang mengarah ke jalan.

Baca Juga :  SO2 Letusan Gunung Ruang Berbahaya dan Bisa Terbawa Angin

“Setidak-tidaknya ini mengamankan pihak bank tapi juga membantu apabila ada kejadian ditempat lain kami bisa rangkai, melihat dan memonitor sebagai bukti petunjuk,” jelasnya.

Dirinya mengakui di Kaltara untuk perangkat CCTV belum begitu banyak yang terpasang, padahal salah satu upaya pengungkapan kejadian atau kasus biasanya banyak diambil dari rekaman CCTV.

“Berbeda dengan Jakarta itu memiliki banyak ribuan CCTV, sehingga pengungkapan kasus bisa cepat,” tutur Irjen Daniel.

Baca Juga :  SO2 Letusan Gunung Ruang Tak Berdampak pada Cuaca di Kaltara

Tak hanya itu, Polda Kaltara meminta masyarakat untuk mengunduh aplikasi bernama Siaga Presisi Polda Kaltara (SIP), yang berguna memudahkan masyarakat dalam memberikan informasi terkait kejadian yang berada dalam lingkungan masyarakat wilayah Provinsi Kaltara.

“SIP ini sebuah program bagaimana masyarakat secara cepat bisa melapor tanpa harus datang ke Polda Kaltara atau polres jajaran,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *