Kaltara dan IKN, Deddy Sitorus Bilang Kaltara Harus Melihat Jauh ke Depan

benuanta.co.id, BULUNGAN – Perkembangan terkini pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur terus berproses. Daerah kabupaten kota di sekitar IKN pun turut berkontribusi pembangunan pada sektor pangan, infrastruktur hingga teknologi.

Anggota DPR RI Komisi IV Deddy Yevri Hanteru Sitorus mengungkapkan soal keberadaan Kaltara bagi IKN, kata dia sebenarnya bukan peran apa yang bisa diambil Provinsi Kaltara.

“Pertanyaan penting yakni adalah pemerintah ingin menjadikan Kaltara seperti apa,” jelasnya, Rabu (25/1/2023).

Lanjutnya, saat ini dengan progres IKN uang dinilai masif juga Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) di Tanah Kuning-Mangkupadi Kecamatan Tanjung Palas Timur.

Baca Juga :  Bertarung di Pilbup Nunukan, Basri Mendaftar di Demokrat

“Tapi dengan dibuatnya KIHI saya kira itu sudah membuktikan keseriusan pemerintah membangun Kaltara,” ujarnya.

Karena pihaknya, menilai kalau IKN sudah jadi, maka Provinsi Kaltara mau atau tidak menjadi daerah penyangga ibukota.

“Itu menjadi sangat-sangat strategis, baik sisi pertahanan, baik sisi ekonomi, baik dari sisi sosial, itu menjadi sangat penting bagi negara ini,” tegasnya.

Baca Juga :  Prabowo: Terima kasih Mahkamah Konstitusi

Sehingga menurut kader PDI Perjuangan itu semua kembali tergantung dari pemerintah provinsi Kalimantan Utara melihat jauh ke depan.

“Bagaimana kaltara harus mengambil posisinya ketika IKN itu nanti jadi. Kalau cuma nunggu-nunggu terus, saya kira tidak ada manfaat yang maksimal kita petik di daerah,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *