Berdiri Kokoh, Pembangunan Asrama Haji Transit Kaltara Selesai Tahun Ini

benuanta.co.id, TARAKAN – Progres pembangunan asrama haji transit di Kota Tarakan kini telah mendekati proses penyelesaian. Terpantau bangunan megah berwarna putih itu berdiri kokoh di kawasan Islamic Center Kampung Empat Kota Tarakan.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Tarakan, H. Muhammad Aslam mengatakan asrama haji ini merupakan pekerjaan dari Kanwil Kemenag Provinsi Kaltara. Namun berdasarkan informasi terakhir yang pihaknya terima di tahun 2023 ini asrama haji transit itu sudah dapat dipergunakan.

“Insyallah bisa digunakan untuk keberangkatan haji di tahun 2023 ini,” katanya, Selasa (24/1/2023).

Baca Juga :  Kapolres Lama Minta Dukung Pimpinan Baru, Ronaldo akan Pelajari Data-Data

Sementara untuk fasilitas sendiri juga telah dipersiapkan sedemikian rupa. Tinggal menunggu rampungnya bangunan yang saat ini masih dalam tahap penyelesaian itu.

“Tanggungjawabnya kan Kabid Haji dan Bimas Islamnya Kanwil, nanti penganggaran di sana. Kalau pelaksanaannya nanti kita bantu. Karena kita yang di Tarakan termasuk petugas-petugas di asrama haji itu kita nanti bantu,” jelas Aslam.

Ia melanjutkan saat ini juga tengah menunggu Surat Keputusan (SK) untuk petugas yang nantinya akan bertugas di asrama haji.

Baca Juga :  Disebut Tak Berdampak tapi Masyarakat Butuh Hiburan

“Nanti ada bagiannya sendiri seperti bagian penerimaan dan sebagainya begitu. Peresmiannya kami belum tahu kan itu Kanwil yang tahu ya,” imbuhnya.

Sekadar informasi, penganggaran untuk asrama haji transit ini digadang-gadang mencapai Rp 22 miliar.

Aslam menguraikan asrama haji yang dibangun di wilayah Tarakan ini merupakan asrama haji transit yang nantinya akan menampung calon jemaah haji. Umumnya terdapat 3 asrama haji yang pertama merupakan asrama haji embarkasi, asrama haji antara dan asrama haji transit.

“Jadi kalau transit itu jemaah haji Kaltara kumpul di Tarakan semua. Setelah itu ke Balikpapan ke asrama haji embarkasi menginap di sana. Kalau asrama haji antara itu dokumennya selesai semua tapi semua prosedur barang-barang calon jemaah haji seperti bagasi dan lain-lain. Jadi tidak menginap lagi langsung berangkat,” bebernya.

Baca Juga :  Laka Lantas, Seorang Remaja Meregang Nyawa di Jalan Depan Kopegtel Gunung Belah

Untuk kapasitas calon jemaah yang dapat menginap nantinya pihak nya belum mengetahui secara pasti. Namun ia memastikan di tahun ini asrama haji tersebut dapat dipergunakan. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *