6 Orang Masuk Suspek Penyakit Campak di Bulungan

benuanta.co.id, BULUNGAN – Penyakit campak menjadi salah satu penyakit yang paling menular karena selain dari kontak langsung juga bisa melalui udara yaitu lewat pernapasan.

Beberapa waktu lalu Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan mendapatkan beberapa anak yang masuk suspek atau dicurigai terkena penyakit campak di Kabupaten Bulungan.

“Itu ada 6 orang, tapi kasusnya belum positif atau dicurigai. Kasus pertama itu di Tanjung Palas kita kirim ke Litbangkes Jakarta ternyata hasilnya negatif,” ucap Kepala Dinkes Bulungan Imam Sujono kepada benuanta.co.id, Selasa 24 Januari 2023.

Baca Juga :  Terkendala Vaksin Kosong, Belum Ada Pelayanan Booster Kedua

Kemudian untuk 6 orang ini, sampelnya sudah dikirim lagi ke Litbangkes, namun sampai saat ini hasilnya belum keluar. Namun dirinya berharap hasilnya negatif.

“Mudah-mudahan ini hasilnya negatif lah. Gejalanya itu biasa suhu badan panas dingin, tapi menular,” tuturnya.

Dirinya meminta kepada masyarakat agar tidak cemas, jika didapati adanya suspek ada baiknya dibawa ke Puskesmas. Pasalnya pemberian obat kepada penderita selama 3 hari, maka dengan sendirinya akan hilang.

Baca Juga :  243 Petugas PPS Dilantik, KPU Bulungan Minta Jaga Integritas

“Saat ini kita lakukan tindakan mitigasi, walaupun baru suspek tapi kita anggap seolah-olah positif sehingga petugas sudah siap menangani,” pungkasnya.(*)

Reporter: Heri Muliadi
Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *