243 Petugas PPS Dilantik, KPU Bulungan Minta Jaga Integritas

benuanta.co.id, BULUNGAN – Setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulungan melantik puluhan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) beberapa waktu lalu. Kini giliran ratusan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang terpilih secara ketat dilantik.

“Hari ini kita lantik 243 orang sebagai PPS dari 81 desa kelurahan, masing-masing desa kelurahan itu 3 orang,” sebut Ketua KPU Bulungan Lili Suryani kepada benuanta.co.id, Selasa 24 Januari 2023.

Pelantikan dilakukan serentak yang terselenggara di 5 titik di antaranya di Kecamatan Peso, Kecamatan Peso Hilir bergabung dengan Kecamatan Tanjung Palas Barat. Lalu di Kecamatan Bunyu dan di Kecamatan Sekatak.

Baca Juga :  PDAM Danum Benuanta Tahun Ini Tambah 1.000 Jaringan Pipa Air Bersih

Sementara kecamatan lainnya tergabung jadi satu di antaranya Tanjung Selor, Tanjung Palas, Tanjung Palas Timur, Tanjung Palas Utara dan Tanjung Palas Tengah yang dipusatkan di Kecamatan Tanjung Selor.

“Ini dilakukan pelantikan di 5 titik, ada kecamatan bergabung contohnya Tanjung Selor dengan Tanjung Palas, Tanjung Palas Tengah, Tanjung Palas Utara dan Tanjung Palas Timur,” jelasnya.

Lili Suryani menuturkan jika petugas PPS merupakan garda terdepan dari KPU Bulungan, di mana mengemban tugas yang berat salah satunya memastikan penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) berjalan dengan baik dan aman ditingkat bawah.

Baca Juga :  RSD dr H Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor Tambah 5 Dokter Spesialis

“Di mana mereka nantinya akan membentuk Pantarlih (Panitia Pendaftaran Pemilih) dan KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara), makanya dari awal kita minta mereka harus menjaga integritas,” paparnya.

Kata dia, dalam merekrut pantarlih, PPS ini harus selektif melihat orang-orang yang masuk itu harus yang paham dengan situasi dan kondisi wilayah yang akan didata untuk dimasukkan sebagai pemilih. Serta memilih pantarlih yang mengenal wilayah dan masyarakat desa setempat.

Baca Juga :  Cak Imin: Sekber PKB-Gerindra untuk Kerja Politik Majukan Bangsa

“Kalau kualitas data pemilih kita bagus melalui pantarlih, otomatis pemilu kita berkualitas juga. Karena semua gugatan itu bermula di data pemilih,” jelasnya.

Selain itu, PPS diminta untuk selektif memilih anggota KPPS, pasalnya setiap kecurangan berasal dari Tempat Pemungutan Suara (TPS). Terlebih Lili Suryani meminta PPS ini harus bekerja benar bukan hanya bekerja baik.

“Intinya pilih orang yang jujur dan berintegritas serta hindari godaan karena godaan pasti ada,” pungkasnya.(*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *