Ketua DPRD Nunukan Rahma Leppa Sebut Beras Lebih Penting Daripada Cabai

benuanta.co.id, NUNUKAN – Dalam rapat penyusunan ranwal RKPD Kabupaten Nunukan 2024 di Kabupaten Nunukan, Ketua DPRD Nunukan Hj. Rahma Leppa menyampaikan masukan kepada pemerintah daerah terkait pertanian, kesehatan dan narko.

Hj. Rahma Leppa menyampaikan melihat masih ada yang ketinggalan apakah itu dilupakan padahal Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar memperhatikan krisis pangan, khususnya pada beras.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1940 votes

“Beras itu harus didahulukan agar ada ketersediaan beras di Nunukan maka perlu adanya padi yang ditanam, jangan mendahulukan cabai, tapi beras,” kata Hj. Rahma Leppa, Senin (23/1/2023).

Baca Juga :  Bawa Penumpang Dua Long Boat Tabrakan di Laut Sebatik 

Bahan pokok itu harus didahulukan seperti beras, padahal di Nunukan banyak terlihat lahan yang tidak digunakan atau tidur kenapa tidak dimanfaatkan kata Hj. Rahma Leppa.

Beras adalah penyumbang terbesar untuk dikonsumsi, bukan cabai. Dia juga memberikan sasaran agar pemerintah mau membantu masyarakat dengan cara menyediakan bibit padi dan cangkul atau alat membuka lahan sawah selama setahun, sehingga masyarakat memiliki modal itulah yang di manfaatkan, pemerintah tinggal monitor di lapangan.

Baca Juga :  Antisipasi Kecelakaan Berlayar, Dishub Nunukan Batasi Jam Penyebrangan

“Tapi kalau pemerintah tidak turun sama saja bohong, hanya dilepaskan begitu saja,” jelasnya.

Dia juga menyampaikan agar untuk hati-hati menggunakan dana APBD pada tahun 2024 ke depannya.

Terkait persoalan itu, Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, menyampaikan bantuan seperti memberikan bibit itu sudah sering diberikan, maupun alat. Saat Rumput Laut mengalami kenaikan sehingga sawah mereka tinggalkan.

Baca Juga :  Libur Lebaran, SAE Lanuka Jadi Tempat Favorit Warga Nunukan 

“Mereka fokus di rumput laut, jadi sawah ditinggalkan begitu saja,” ujarnya.

Pemerintah tidak memberikan bantuan begitu namun harus di evaluasi, apakah efektif atau tidak. Pihaknya berusaha melakukan yang terbaik kepada masyarakat.

“Apa yang disampaikan ketua DPRD Nunukan adalah tantangan itu yang menjadi target yang harus kita capai,” ujarnya.(*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *