Ketua DPRD Nunukan Rahma Leppa Sebut Beras Lebih Penting Daripada Cabai

benuanta.co.id, NUNUKAN – Dalam rapat penyusunan ranwal RKPD Kabupaten Nunukan 2024 di Kabupaten Nunukan, Ketua DPRD Nunukan Hj. Rahma Leppa menyampaikan masukan kepada pemerintah daerah terkait pertanian, kesehatan dan narko.

Hj. Rahma Leppa menyampaikan melihat masih ada yang ketinggalan apakah itu dilupakan padahal Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar memperhatikan krisis pangan, khususnya pada beras.

“Beras itu harus didahulukan agar ada ketersediaan beras di Nunukan maka perlu adanya padi yang ditanam, jangan mendahulukan cabai, tapi beras,” kata Hj. Rahma Leppa, Senin (23/1/2023).

Baca Juga :  Tokoh FKUB Nunukan Hadiri Perayaan Tahun Baru Imlek di Kelenteng San Seng Kong

Bahan pokok itu harus didahulukan seperti beras, padahal di Nunukan banyak terlihat lahan yang tidak digunakan atau tidur kenapa tidak dimanfaatkan kata Hj. Rahma Leppa.

Beras adalah penyumbang terbesar untuk dikonsumsi, bukan cabai. Dia juga memberikan sasaran agar pemerintah mau membantu masyarakat dengan cara menyediakan bibit padi dan cangkul atau alat membuka lahan sawah selama setahun, sehingga masyarakat memiliki modal itulah yang di manfaatkan, pemerintah tinggal monitor di lapangan.

Baca Juga :  Sertifikat Halal Penunjang UMKM di Nunukan

“Tapi kalau pemerintah tidak turun sama saja bohong, hanya dilepaskan begitu saja,” jelasnya.

Dia juga menyampaikan agar untuk hati-hati menggunakan dana APBD pada tahun 2024 ke depannya.

Terkait persoalan itu, Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, menyampaikan bantuan seperti memberikan bibit itu sudah sering diberikan, maupun alat. Saat Rumput Laut mengalami kenaikan sehingga sawah mereka tinggalkan.

Baca Juga :  DPMD Nunukan akan Sosialisasikan Pelaksanaan Pilkades Serentak

“Mereka fokus di rumput laut, jadi sawah ditinggalkan begitu saja,” ujarnya.

Pemerintah tidak memberikan bantuan begitu namun harus di evaluasi, apakah efektif atau tidak. Pihaknya berusaha melakukan yang terbaik kepada masyarakat.

“Apa yang disampaikan ketua DPRD Nunukan adalah tantangan itu yang menjadi target yang harus kita capai,” ujarnya.(*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *