DPMD Nunukan akan Sosialisasikan Pelaksanaan Pilkades Serentak

benuanta.co.id, NUNUKAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan mulai melaksanakan sosialisasi terkait pemilihan kepala desa (pilkades) serentak ke tingkat desa, pada bulan Maret 2023 mendatang.

Pelaksanaan sosialisasi itu dilakukan agar tahapan pilkades serentak di Kabupaten Nunukan berjalan lancar.

Kepala Seksi Pemerintahan dan Kelembagaan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Nunukan, Muhammad Akib Makmur menjelaskan, sosialisasi ini penting dilakukan agar panitia dari tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa, dapat mengetahui tahapan pelaksanaan pilkades serentak dengan jelas.

Baca Juga :  25 Napi Lapas Nunukan Dapat Asimilasi Rumah, Sejumlah Syarat Wajib Dipenuhi

Selain itu, sosialisasi juga dilakukan agar selurug panitia dapat selalu berkoordinasi terkait masalah yang muncul.

“Sekira tanggal 16 Maret kami melakukan sosialisasi, akan turun ke desa pertama itu di pulau Sebatik, mengingat di situ ada 11 desa yang akan melaksanakan pesta demokrasi Pilkades,” kata Akib kepada benuanta.co.id, Ahad (22/1/2023).

Setelah di Sebatik pihaknya akan bertolak ke wilayah tiga tepatnya di Kecamatan Sei Menggaris, Desa Sekaduyan Taka, lalu ke Tulin Onsoi Desa Sanur dan terakhir di Wilayah Krayan Timur, Desa PaRaye.

Baca Juga :  Tokoh FKUB Nunukan Hadiri Perayaan Tahun Baru Imlek di Kelenteng San Seng Kong

Selain itu untuk pelaksanaan pencoblosan akan berlangsung pada tanggal 26 Agustus 2023 mendatang. Mengingat pada bulan 10 tidak ada kegiatan untuk Pilkades semua pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada), kecuali pelantikan.

“14 desa ini akan berakhir masa jabatannya pada tanggal 18 Oktober 2023, sehingga akan dimundurkan 74 hari bisa melaksanakan perhitungan suara, jadi pada bulan Oktober baru kita pelantikan,” jelasnya.

Baca Juga :  Biaya Haji Tahun Ini Naik, Kemenag Nunukan Masih Menunggu Keputusan Final

Kata Akib, pelaksanaan Pilkades kali ini sangat selektif dan lebih ketat dalam penerimaan calon pendaftaran.

Reporter: Darmawan

Editor: Yogi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *