BMKG Prediksi Cuaca Hujan Disertai Kilat Petir

benuanta.co.id, TARAKAN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tarakan mengeluarkan prediksi cuaca pada 22 hingga 24 Januari 2023 mendatang.

Forecaster BMKG Tarakan, Raa’ina Farah Nur Annisa menguraikan potensi hujan masih dapat terjadi pada empat kabupaten kota di Kaltara. Terkecuali Kabupaten Nunukan diprediksi cerah berawan hingga berawan pada Ahad, 22 Januari 2023.

Sementara untuk Kabupaten Bulungan dan Kota Tarakan diprediksi hujan masih akan berlangsung di siang hari.

Baca Juga :  Tahapan Musprov III KONI Kaltara, Pengambilan Formulir Calon Ketua

“Untuk Malinau dan Tana Tidung juga diprediksi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Pada wilayah KTT juga diprediksi akan disertai kilat dan juga petir,” urainya.

Lanjut, pada keesokan harinya, Senin, 23 Januari 2023 diprediksi akan mengalami berawan hingga cerah berawan pada pagi hingga malam hari. Raa’ina melanjutkan hujan terjadi menjelang dini hari.

Baca Juga :  Investasi Capai Rp3 T, Perusahaan Asal Kanada Bakal Bangun Green Airport di Kaltara

“Untuk dua wilayah Malinau dan Tana Tidung masih didominasi dengan hujan disertai kilat dan petir pada malam dan juga dini hari,” tukasnya.

Hal ini disebabkan perbedaan struktur geologi atau struktur tanah yang mana wilayah Malinau dan KTT memiliki dataran lebih tinggi. Sehingga pertumbuhan kilat dan petir cenderung lebih terjadi di wilayah tersebut.

Sementara untuk kecepatan pada hari ini pada arah angin Barat Laut ke Timur Laut memiliki kecepatan 3 hingga 15 knots. Tinggi gelombang sendiri masih dalam ambang batas normal yakni 0,5 hingga 1,25 meter.

Baca Juga :  Gubernur dan Jemaah Gelar Doa Bersama untuk Mendiang AKP Novandi Arya Kharizma

“Kami selalu update informasi cuaca di laman Instagram bmkgtarakan. Untuk itu diharapkan kepada masyarakat yang hendak beraktivitas dapat melihat terlebih dahulu update cuaca yang kami sajikan,” pungkas Raa’ina. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *