Tahun Ini, Kemenhub akan Tambah Trayek Tol Laut Nunukan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Meski masih dalam tahap lelang di pemerintah pusat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI pastikan akan melakukan penambahan trayek baru program tol laut di Kabupaten Nunukan.

Hal tersebut disampaikan oleh, Fungsional Pengendalian Barang Dalam Negeri, Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan (DKUMKMP) Nunukan, Abdul Rahman, penambah trayek baru merupakan permintaan Pemkab Nunukan selama ini.

“Selama ini, Tol Laut di Nunukan hanya melayani dua trayek yakni, Surabaya dan Makassar,” kata Rahman kepada benuanta.co.id, Sabtu (21/1/2023).

Rahmat menerangkan, jika nantinya lelang di Pusat telah selesai, maka di pastikan Kabupaten Nunukan akan mendapatkan satu lagi trayek Tol Laut.

Baca Juga :  Angka Pernikahan Anak di Nunukan Cukup Tinggi

Selian itu, ia mengatakan jika pada 2023 ini juga trayek yang ada juga mengalami perubahan dari trayek sebelumnya.

Yang mana, khususnya untuk trayek H-1 di mana saat ini melayani rute Tanjung Perak (Surabaya) – Makassar – Tahuna – Nunukan dan kembali ke Tanjung Perak.

“Perubahan ini juga tidak terlepas dari penyampaian kita secara rutin kepada Kemenhub RI, setiap kesempatan khususnya rapat zoom itu kami selalu menyampaikan,” ungkapnya.

Hal ini lantaran sebelumnya pengiriman barang dari Nunukan ke Surabaya memakan waktu hingga satu bulan lamanya.

Permintaan tersebut agar ada trayek yang direct langsung Nunukan ke Sehingga saat ini pengiriman tidak singgah-singgah lagi ke Berau atau Bontang dengan memakan waktu yang lama.

Baca Juga :  BPJAMSOSTEK Tarakan-Kejaksaan Negeri Nunukan Bersinergi Optimalkan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Ia menambahkan, di 2022 lalu, hal yang selalu di keluhan yakni persoalan barang terlalu lama di perjalanan karena trayeknya tidak langsung ke Surabaya.

Sehingga, dengan dengan adanya perubahan dan penambahan trayek tersebut, dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pelaku usaha, khususnya untuk komoditi rumput laut saat melakukan pengiriman.

Rahman menyampaikan, untuk trayek T-1 yang saat ini memasuki tahap lelang tersebut diproyeksikan akan melayani rute Tanjung Perak – Tahuna – Makassar – Nunukan.

Baca Juga :  Flash News! Pria Paruh Baya Gantung Diri di Teras Rumahnya

Kemudian untuk trayek T-4 melayani rute Makassar – Anggrek – Nunukan – Tarakan – Makassar.

Sedangkan untuk barang-barang yang diangkut oleh Kapal Tol Laut selalu terisi dan memenuhi kapal-kapal yang datang dengan tujuan Surabaya dan Makassar.

Rahman menegaskan, penambahan trayek baru tersebut juga diharapkan dapat memenuhi permintaan kontainer yang selama ini dikeluhkan oleh pengusaha rumput laut di Nunukan.

“Semoga dengan di tahun ini akan ada tiga trayek Tol Laut bisa dimaksimalkan sebaik mungkin terutama untuk pengangkutan rumput laut ke Surabaya dan Makassar,” pungkasnya.(*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *