Kapolda Pimpin Sertijab, Kapolres Tarakan Resmi Dipimpin AKBP Ronaldo Maradona

TARAKAN – Kepala Kepolisian Resor Tarakan resmi berganti. Itu ditandai dengan kegiatan Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dipimpin langsung Kapolda Kalimantan Utara, Irjen Pol Daniel Adityajaya, S.H., S.I.K., M.Si, Sabtu (21/1/2023) pagi tadi.

Kapolres Tarakan, AKBP Taufik Nurmandia, S.I.K., M.H resmi digantikan oleh AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar, S.I.K., S.H yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Bulungan, Polda Kaltara. Begitu juga sebaliknya, AKBP Taufik Nurmandia, S.I.K., M.H menggantikan AKBP Ricky Hadiyanto , S.H., S.I.K., M.H. sebagai Kapolres Nunukan Polda Kaltara.

Selain Sertijab Kapolres Tarakan, Kapolda Kapolda Kaltara juga melaksanakan Sertijab jajaran kapolres di Kaltara seperti Kapolres Tana Tidung serta sejumlah PJU Polda Kaltara dilaksanakan di Hotel Tarakan Plaza, Sabtu (21/1/2023).

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Utara, Irjen Pol Daniel Adityajaya, S.H., S.I.K., M.Si memimpin langsung kegiatan Sertijab pagi tadi menyampaikan sambutannya.

Baca Juga :  Persiapan PPDB 2023, Disdik Tarakan Minta Orang Tua juga Percaya Sekolah Swasta

Dalam sambutannya, Kapolda Kaltara mengungkapkan, Sertijab dalam sebuah organisasi besar seperti Polri merupakan hal yang rutin dilaksanakan sebagai bagian dari proses penyegaran serta Tour of Duty maupun Tour of Area yang sangat penting bagi konstitusi satuan organisasi maupun pembinaan karir pejabat yang bersangkutan.

“Oleh karena itu, pergantian jabatan harus dimaknai sebagai upaya peningkatan tata kelola manajerial dan pengembangan SDM Polri yang positif guna keberlanjutan organisasi, sehingga peran pimpinan dalam organisasi akan sangat berpengaruh dengan adanya pergantian jabatan dalam lingkungan Polri,” papar Kapolda Kaltara.

Kemudian ia melanjutkan, jabatan merupakan amanah dimana mengandung konsekuensi yang tidak ringan.

“Untuk itu saya berharap jabatan yang diberikan tersebut dapat dijalankan dengan dedikasi, loyalitas, keikhlasan serta pengabdian tinggi dalam menjalankan tugas pokok Polri,” pesan Kapolda.

Baca Juga :  Warga Pamusian Ngadu ke Kapolres soal Kenakalan Remaja

Kemudian kembali Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya, melanjutkan, dinamika lingkungan strategis di tingkat global dan nasional saat ini melahirkan tantangan tugas Polri menjadi semakin kompleks dan dinamis.

Begitu juga di Provinsi Kalimantan Utara, yang memiliki karakteristik kerawanan daerah tersendiri karena secara geografis memiliki wilayah yang sangat luas berbatasan langsung dengan negara lain (Malaysia dan Philipina).

Selain itu lanjutnya, wilayah hukum Kalimantan Utara juga terdapat proyek strategis nasional (PSN) yang pada saat ini sedang berjalan yaitu Pembangunan Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) atau disebut Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) di Tana Kuning, Mangkupadi, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara.

Selanjutnya kata Kapolda Kaltara, Irjen Pol Daniel Adityajaya, kepada jabatan JPU dan jajaran kapolres yang dilantik segera menyesuaikan dengan situasi dan kondisi pada lingkungan kerjanya.

Baca Juga :  100 Pelajar SMA Hang Tuah Kunjungi KRI Sidat, Ngaku Senang Lihat Kapal Perang

“Berikan yang terbaik untuk organisasi, jalin hubungan soliditas baik dengan seluruh personel, instansi terkait, jalin hubungan yang positif dan harmonis demi kemajuan organisasi Polri. Saya yakin dengan bekal pengalaman, rekam jejak integritas serta kemampuan yang dimiliki, dapat mengemban amanah dan tanggung jawab mulia ini dengan sebaik-baiknya,” kembali Kapolda Kaltara berpesan kepada seluruh jajaran yang dilantik hari ini.

Tak lupa lanjut Kapolda Kaltara, Irjen Pol Daniel Adityajaya, turut mengungkapkan selamat bertugas kepada AKBP Taufik Nurmandia, S.I.K., M.H sebagai Kapolres Nunukan Polda Kaltara.

“Begitu juga kepada AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar, S.I.K., S.H sebagai Kapolres Tarakan Polda Kaltara,” pungkasnya.(*)

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *