Traffic Light Sejumlah Titik di Tanjung Selor Mati, Februari Dishub Janjikan Kembali Menyala

benuanta.co.id, BULUNGAN – Beberapa traffic light atau lampu lalu lintas di jalanan Kabupaten Bulungan banyak yang tidak berfungsi dengan sempurna hingga kadang menyebabkan kecelakaan tunggal dan membuat pengendara tidak nyaman.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bulungan Khairul mengatakan ada beberapa titik lampu lalu lintas tidak berfungsi atau rusak penyebabnya karena aset sebagian punya kewenangan provinsi Kalimantan Utara maupun nasional.

“Ada beberapa titik traffic light itu kewenangan jalan provinsi dan nasional. Tapi masalah tanggung jawab kita ikut berpartisipasi karena itu juga tanggung jawab kita secara keseluruhan. Kalau jalan Pahlawan dekat masjid Inayah kan jalan provinsi. Termasuk di dekat tugu cinta damai ada yang trouble jalan durian,” tuturnya Rabu (18/1/2023).

Baca Juga :  Perbaikan dan Pemeliharaan Drainase di Bulungan Terus Ditingkatkan

Namun pihaknya menegaskan traffic light yang di pertigaan Jalan Pahlawan dan Jalan Sudirman dekat masjid Al-Inayah sudah mengusulkan perbaikan.

“Karena faktor tua atau sudah tidak berfungsi dengan baik kadang-kadang hidup dan mati,” bebernya.

Ia mengungkapkan untuk satu titik perbaikan traffic light beberapa ruas jalanan di Kabupaten Bulungan mencapai Rp 150 juta.

“Untuk satu titik perbaikan traffic light sekitar Rp 150-an juta. Dan saat ini masih pakai solar Cell atau lampu tenaga Surya. Lalu anggarannya itu dari APBD Bulungan 2023, Dishub Bulungan juga mengusulkan anggaran ke Dishub Kaltara dan tahun ini itu Dishub Kaltara mengakomodasi usulan kita. Tetapi, untuk nilainya saya tidak tahu. Kalau melalui APBD 2023 dialokasikan kurang lebih Rp 300 juta, bebernya.

Baca Juga :  Satu dari Tiga BUMD di Bulungan Belum Maksimal Berikan Kontribusi ke PAD

Ditambahkannya, tahun ini Dishub Bulungan telah menganggarkan perbaikan dua titik traffic light.

“Alhamdulillah untuk dua titik perbaikan traffic light kita sudah usulkan tahun ini segera dilakukan dari tenaga Surya ke listrik karena sudah ada anggarannya,” ungkapnya.

Disebutkan Khairul dua titik perbaikan traffic light tahun ini yaitu ada di Jalan Katamso Jalan Durian

“Di simpang empat jalan Durian Jalan Rambutan menuju kantor Gubernur Kaltara dan Jalan Katamso tepatnya depan Tugu Cinta Damai. Kita juga sudah mengusulkan ke provinsi Kalimantan Utara supaya bisa mengakomodir,” ujarnya.

Baca Juga :  Upaya Naik Status Jadi Kebun Raya, 2 OPD Pemkab Bulungan Kejar Pengembangan Hutan Kota Bunda Hayati

Lebih lanjut, Khairul sudah mengusulkan ke Dishub Kaltara supaya memperbaiki traffic light di jalan Kolonel Soetadji.

“Insyaallah Dishub Kaltara bisa mengakomodir perbaikan traffic light jalan Kolonel Soetadji dan Skip I karena disitu juga rawan potensi kecelakaannya luar biasa apalagi berdekatan dengan sekolah, fasilitas umum dan perkantoran,” ucapnya.

Sementara itu, pengerjaan perbaikan traffic light pada dua titik yang ditangani Dishub Bulungan akan berlangsung pada bulan Februari mendatang.

“Insyaallah kita mulai perbaikan traffic light pada bulan Februari itu sudah kembali normal,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *