PMK Tana Tidung Edukasi Praktik Penyelamatan Kebakaran ke Anak Usia Dini

benuanta.co.id, TANA TIDUNG – Bangun karakter pemberani sejak dini, Pemadam dan Penyelamatan Kebakaran (PMK) Kabupaten Tana Tidung (KTT), melakukan edukasi mengenai penyelamatan dan kebakaran kepada anak-anak TK Pembina.

Kepala Dinas PMK Tana Tidung, Usman mengungkapkan adanya pengelanan mengenai bahaya api dan penyelamatan kebakaran sangatlah penting ditanamkan sejak dini. Termasuk cara-cara melakukan penyelamatan saat kebakaran.

“Hal seperti ini pasti akan tertanamkan dan terus diingat hingga mereka dewasa dan ketika mengetahui bahaya api, anak-anak tentunya juga akan memiliki sikap kewaspadaan saat bermain,” kata Usman saat dihubungi, benuanta.co.id, pada Rabu, 18 Januari 2023.

Baca Juga :  Masa Jabatan Diperpanjang? Kades Sengkong KTT: Bukan Solusi Membangun Desa

Dalam memberikan edukasi ini, Usman menjelaskan dirinya tidak hanya sekadar memberi wawasan terkait penyelamatan dan kebakaran. Namun tata cara pelaporan kejadian kebakaran, pengenalan alat pemadam kebakaran, penyemprotan air dan praktik pemadaman kebakaran serta materi lainnya.

“Kita ingin mengembangkan keterampilan motorik, kesabaran, melatih kemampuan dan perintah seperti yang diharapkan oleh guru TK Pembina, sehingga materi dan edukasi pun kita lakukan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Kades Tideng Pale Setujui Wacana Masa Jabatan Kades 9 Tahun, Ini Alasannya

“Melalui kegiatan ini, kita ingin anak-anak menjadi lebih berani, mandiri dan kreatif serta dapat menjadi seorang leader dimasa depan,” tambahnya.

Rencananya PMK Tana Tidung, juga ingin menjadikan kegiatan ini sebagai kegiatan rutin yang bisa dilakukan di setiap-setiap sekolah yang ada di KTT.

“Ini termasuk kegiatan rutin kita, hanya saja kita ingin memperluaskannya ke sekolah lain. Apalagi kegiatan ini sangat menarik antusias anak-anak, khususnya saat mereka melakukan praktik penyelamatan,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Pedas! Harga Cabai di KTT Tembus Rp 100 per Kilogram 

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *