Penerima Manfaat BLT BBM, PKH dan Sembako di Bulungan Tahun 2022 Capai 6.284 Jiwa

benuanta.co.id, BULUNGAN – Berdasarkan update data terakhir tahun 2022 Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bulungan mencatat Keluarga Penerimaan Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) mencapai 6.284 jiwa.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Bulungan, Maylisias Wan bahwa tahun 2023 bisa meningkat.

“Untuk BLT BBM kemarin berkisar 6.284  KPM. Harapan kita meningkat KPM BLT BBM tahun ini tapi kami belum tahu kuota BBM diberikan kementerian sosial kita hanya menerima,” ujarnya Rabu (18/1/2023).

Baca Juga :  Kapolresta akan Cek Berkala Anggotanya yang Memegang Senpi

Lebih lanjut, kata Maylisias yang telah tersalurkan KPM BLT BBM, PKH dan Sembako tahun lalu mencapai 5.830 Jiwa.

“Yang tersalurkan 5.830 KPM jadi sekitar 92,7 persen tersalurkan. Yang tidak tersalurkan ada 454 jiwa karena ada yang meninggal dunia, tidak ditemukan, ada yang pindah, ada juga yang mampu jadi tidak disalurkan,” jelasnya.

Persyaratan menerima BLT BBM kata Maylisias Wan warga tersebut sudah terdata Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Baca Juga :  Aset Lahan Pemkab Bulungan Masih Ada yang Bersengketa dengan Warga

“Pertama fakir miskin yang sudah terdata di DTKS. Kemudian nanti kementerian sosial akan mengambil data-data masyarakat miskin yang sudah terdata DTKS,” ungkapnya.

Ia menambahkan Keluarga Penerimaan Manfaat BLT BBM paling terbanyak didata oleh Dinsos berada di Kecamatan Tanjung Selor.

“Terbanyak di Kecamatan Tanjung Selor. KPM BLT BBM itu kan mereka juga kan penerima KPM Sembako dan Program Keluarga Harapan. Dan ada juga mereka yang murni menerima KPM BLT BBM itu terdata ada antara 140 sampai 170 ribu KK yang non PKH dan non sembako,” ucapnya.

Baca Juga :  Motor Seruduk Truk Logistik di Simpang Empat Jalan Mangga dan Rambutan Berakhir Damai

Ia menegaskan selama ini penyaluran bantuan kepada KPM BLT BBM di Kantor Pos Kabupaten Bulungan.

“Kemarin tahap 4 penyerahan KPM BLT BBM, PKH, Sembako semua di Kantor Pos. Tahap satu dua tiga di BI tahap empat di Kantor Pos dalam bentuk tunai semua,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *