Siap Beraktivitas! Cuaca Kaltara Diprediksi Cerah Berawan dan Ketinggian Gelombang Tenang

benuanta.co.id, TARAKAN – Kondisi cuaca di wilayah Kalimantan Utara (Kaltara) diprediksi masih didominasi cerah berawan hingga berawan pada hari Senin, 16 Januari 2023. Meskipun dini hari hingga pagi hari cuaca masih cenderung hujan dengan intensitas ringan.

Forecaster Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tarakan, Ida Bagus Gede Yamuna saat dikonfirmasi mengatakan prediksi cerah berawan hingga berawan ini terjadi di lima kabupaten kota di Kaltara.

Baca Juga :  PSDKP Awasi Nelayan Tradisional di Kaltara yang Belum Punya Dokumen Usaha

“Seluruh wilayah Kaltara itu cerah berawan pada hari ini,” sebutnya saat dikonfirmasi, Senin (16/1/2023).

Pada Selasa, 17 Januari 2023 pihaknya memprediksikan terjadi cuaca hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir. Terutama potensi terbesar dapat terjadi di Kabupaten Bulungan, Kabupaten Nunukan dan Kabupaten Tana Tidung.

“Potensinya besar terjadi di ketiga wilayah itu. Terutama untuk hujan dengan intensitas sedang hingga lebatnya ya,” tuturnya.

Baca Juga :  Tahapan Musprov III KONI Kaltara, Pengambilan Formulir Calon Ketua

Tidak meratanya kondisi cuaca di Kaltara diakibatkan oleh bentuk permukaan dataran yang tidak semuanya rata. Tak hanya itu, arah angin juga menentukan terjadinya hujan di suatu wilayah.

“Di wilayah barat itukan dataran tinggi khususnya Krayan Selatan dan sekitarnya. Ketika ada aktivitas pembentukan hujan terus ada angin juga maka tidak menutup kemungkinan hujan yang terjadi bisa bergerak meluas ke wilayah lain,” beber Bagus.

Baca Juga :  Gubernur dan Jemaah Gelar Doa Bersama untuk Mendiang AKP Novandi Arya Kharizma

Bagus melanjutkan untuk ketinggian gelombang sendiri pihaknya memprediksi di perairan Kaltara terpantau tenang. Ketinggian gelombang diprediksi 0,1 hingga 0,5 meter dengan kecepatan angin 2 hingga 10 knots. Sementara untuk perairan Sulawesi bagian Barat juga masih terbilang normal kisaran 0,5 hingga 1,25 meter dengan kecepatan angin 2 hingga 8 knots. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *