Pangkas Durasi Tempuh, Warga Minta Pemerintah Buatkan Jalan Nunukan-Tana Tidung

benuanta.co.id, NUNUKAN – Infrastruktur yang memadai selalu menjadi elemen penting dalam membangun suatu daerah. Sebab akses buruk juga menghambat perputaran ekonomi. Salah satunya usulan warga agar jalan dari Desa Libang, Kecamatan Lumbis, Kabupaten Nunukan bisa ditembuskan menuju Tideng Pale, Kabupaten Tana Tidung (KTT).

Salah satu masyarakat Kecamatan Lumbis, Pangeran Eddy mengungkapkan masyarakat setempat beberapa tahun telah mengusulkan pembukaan jalan baru dari Desa Libang ke Tideng Pale, KTT. Selain jaraknya cukup dekat, juga bisa mendongrak ekonomi.

“Jika akses jalan itu dibuka akan meningkatkan perekonomian di masyarakat, dan rumah warga juga nantinya perlahan akan bisa mengarah kanan dan kiri jalan tersebut,” kata Edy, kepada benuanta.co.id, Senin (16/1/2023).

Baca Juga :  Bak Film Action, Dua WNA Pakistan Gunakan Handuk untuk Kabur dari Tahanan

Dia juga menyampaikan, bahwa di wilayah Kabupaten Malinau ada pelabuhan besar di Desa Kelapis, jika juga nantinya akan dibuka di wilayah KTT juga akan lebih dekat dari Desa Libang dengan durasi tempuh sekitar 15 menit.

Terpisah, Kepala Desa Libang, Januin, sangat mendukung jika akses jalan dibuka akan bisa memangkas durasi tempuh.

“Kalau kita mau ke Tarakan mungkin lebih cepat diperkirakan sekitar 1 jam, ketimbang lewat jalan poros,” jelasnya.

Baca Juga :  Kapolres Nunukan Rangkul Media Ciptakan Kondusifitas Jelang Pilkada

Dia berharap usulan masyarakat ini bisa terealisasi, dan bisa direspon cepat oleh pemerintah.

Sementara itu Camat Lumbis, Rusmansyah menyampaikan, usulan masyarakat ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi inflasi di Kecamatan Lumbis, mengingat pedagang yang ada di Lumbis atau Mansalong berbelanja di Kota Tarakan. Ditambah jauhnya akses jalan menuju KTT  kurang lebih 3 jam setelah itu baru dilanjutkan dengan menggunakan kapal ke Tarakan.

“Sehingga biaya ongkos angkut menjadi tinggi,  berpengaruh harga barang yang mereka jual kembali,” jelasnya.

Baca Juga :  Antisipasi Banjir, Tim Gabungan Siaga Bencana Kecamatan Lumbis Dibentuk

Sedangkan jika dari Desa Libang menuju Tideng Pale hanya 21 kilometer, sudah tiba di lokasi, dan juga tidak ada pergunungan yang harus dilewati.

“Masyarakat kami sangat mendukung sekali jika jalan ini bisa dibuka, dan untuk pembebasan lahan sangat aman. Ini adalah kebutuhan mendesak,” ujarnya.

Kata Rusmansyah usulan masyarakat ini sudah di masukan di SPD Kabupaten Nunukan, dan pihaknya akan mengusulkan ke Provinsi Kalimantan Utara. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *