Vermin Selesai, 5.702 Dukungan Sebagian Besar BMS, Ini Penyebabnya

benuanta.co.id, BULUNGAN – Data dukungan calon perseorangan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Untuk mengecek apakah data dukungan tersebut memenuhi syarat atau tidak, oleh KPU kabupaten kota data itu dilakukan verifikasi administrasi (Vermin) dimulai sejak tanggal 30 Desember 2022 hingga 12 Januari 2023.

Ketua KPU Bulungan Lili Suryani mengatakan, calon anggota DPD yang memasukkan dukungan sebanyak 17 orang, di mana data yang divermin sebanyak 5.702 dukungan.

Baca Juga :  Gerindra Bulungan Masih Buka Penjaringan Bakal Calon Pileg

“Hasil vermin kita sampai sore kemarin itu, dinyatakan sudah selesai semua ada yang 100 persen ada juga yang 80 sampai 90 persen. Kenapa tidak sampai 100 persen karena ada yang belum memenuhi syarat (BMS),” ucap Lili Suryani kepada benuanta.co.id, Jumat 13 Januari 2023.

Selain BMS, kata dia data itu ada juga yang ganda dengan dukungan bakal calon (Balon) yang lain, yakni didapati dukungan 1 orang untuk 2 balon.

“Sehingga prosesnya, mereka harus memasukkan surat pernyataan mereka memilih siapa yang didukung,” jelasnya.

Baca Juga :  Sandiaga Uno Hadiri Acara PPP Sebagai Menteri

Kata dia, BMS terjadi karena ada dukungan yang tidak ada namanya di formulir F1 tapi ada di Silon, kedua ada nama di F1 tapi kartu tanda penduduk (KTP)nya tidak ada diinput di Silon. Lalu nomor induk kependudukan (NIK) yang diinput berbeda dengan NIK di F1 maupun di KTP.

“Yang kami temukan ada juga KTP yang di luar Kabupaten Bulungan, misalnya dari Tarakan masuk ke Bulungan, inilah kategori BMS. Jumlahnya berbeda di masing-masing balon, ada yang 100 ada yang 30, ada yang 14,” sebutnya.

Baca Juga :  Avanza Hitam Tabrakan Beruntun dengan Dump Truck di Jalan Sengkawit

Terkait status, seperti di dalam KTP ada yang masih berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN), pihaknya memberikan kesempatan kepada Liaison Officer (LO) untuk mengunggah pernyataan jika ternyata sudah pensiun sebagai bukti.

“Kami juga temukan ada ganda internal ada juga yang eksternal, inilah yang tunggu pernyataan dari para balon,” pungkasnya.(*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *