Uji Kelayakan Klir, Pelabuhan Keramat Tana Tidung Bakal Beroperasi

benuanta.co.id, TANA TIDUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Tidung, akhirnya mulai memantapkan kembali Pelabuhan Keramat yang ada diperbatasan Desa Sedulun dan Desa Tideng Pale, sebagai pelabuhan baru speedboat reguler.

Jika nantinya mulai difungsikan, maka pusat pelayanan transportasi speedboat reguler yang sebelumnya ada di Pelabuhan Tideng Pale akan dialihkan ke Pelabuhan Keramat.

“Pelabuhan Tideng Pale tetap akan digunakan namun untuk speedboat non-reguler seperti speedboat berkapasitas mesin 40 Pk, atau jenis lainnya yang non-reguler,” kata Kabid Sarana Prasarana dan Keselamatan, Dishub Tana Tidung Didakus Pito, saat dihubungi benuanta.co.id, Jumat, 13 Januari 2023.

Baca Juga :  Masuk Februari, Tana Tidung Zero Kasus DBD

Ia juga menjelaskan Pelabuhan Keramat ini sebenarnya sudah sejak lama ingin difungsikan oleh Pemkab Tana Tidung. Namun demi faktor keselamatan dan keamanan, alih fungsi pun terpaksa ditunda untuk dilakukannya uji kelayakan terlebih dahulu.

“Baik uji coba kelayakan bangunan dan uji coba sandarnya speedboat sudah kita lakukan secara bertahap, termasuk uji coba penyesuaian pasang-surut air sungainya,” ungkapnnya.

Baca Juga :  Gerai di Pelabuhan Keramat akan Diperuntukkan bagi Pelaku UMKM

“Karena penyesuaian pasang-surut air sungai ini sangat penting untuk menyesuaikan jadwal speedboat dan sandaran speedboat, baik ketika ingin sandar kedatangan ataupun sandar keberangkatan,” imbuhnya.

Sehingga, dengan selesainya uji coba kelayakan Pelabuhan Keramat ini, Dishub Tana Tidung pun hanya perlu meminta persetujuan Bupati KTT untuk mengaktifkan Pelabuhan Keramat.

“Jika sudah disetujui mungkin dalam waktu dekat akan diaktifkan, kalau tidak bulan ini ya bulan depan. Intinya kita tinggal aktifkan saja,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Gerai di Pelabuhan Keramat akan Diperuntukkan bagi Pelaku UMKM

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *