Penduduk Bulungan 157.544 Jiwa, 2023 Bisa Meningkat 2-3 Ribu Orang

benuanta.co.id, BULUNGAN – Ibukota Provinsi Kalimantan Utara yang berkedudukan di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan memiliki 157.544 jumlah penduduk.

Sebelumnya menurut Bidang Administrator Database Disdukcapil Kabupaten Bulungan Dimas Sikstian Adityo, penduduk yang tinggal di Bumi Tenguyun sebanyak 153 ribu jiwa.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1946 votes

“Jadi ada peningkatan per satu semester itu ada sekitar 3-4 ribuan jiwa. Per semester dari akhir bulan Desember 2021 lalu sampai tahun 2022 semester satu Juni kemarin, untuk semester dua pertengahan bulan ini keluar datanya dari pusat,” ujarnya Rabu (11/1/2023).

Bahkan Disdukcapil Bulungan mencatat masyarakat pendatang tahun 2023 banyak yang tinggal di Tanjung Selor.

“Kebanyakan sebarannya di Kecamatan Tanjung Selor. Cuma ada dua kecamatan yang pertumbuhan penduduknya signifikan 2 tahun kemarin di Tanjung Palas Timur dan Sekatak,” ungkapnya.

Adapun bertambahnya jumlah penduduk Kabupaten Bulungan tahun ini juga didominasi warga pendatang dari Pulau Jawa.

“Dari pulau Jawa dan Sulawesi juga banyak yang mendominasi. Dan yang saya lihat berdasarkan data kemarin yaitu warga pindah datang jadi penduduk yang dari luar dari pada kelahiran,” ungkapnya.

Sedangkan untuk angka kelahiran per hari menurutnya yang terdata di Disdukcapil Bulungan hanya beberapa jiwa.

“Kalau untuk pindah datang ke Kabupaten Bulungan bisa sekitar 20 sampai 30 orang. Kalau keluar Bulungan ada sekitar 10 orang dan belasan orang,” bebernya.(*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *