Polda Kaltara akan Optimalkan Pelayanan SIM Keliling di KTT

benuanta.co.id, TANA TIDUNG – Sempat dikeluhkan oleh warga Kabupaten Tana Tidung (KTT) terkait belum adanya pelayanan untuk membuat Surat Ijin Mengemudi (SIM) di Polres KTT.

Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), berjanji akan optimalkan pelayanan SIM keliling di KTT.

Sebelumnya dalam dialog terbuka yang dilakukan oleh Polsek Sesayap, masyarakat KTY sempat mengeluhkan akan mahalnya dan sulitnya membuat SIM di KTT, lantaran masih harus pergi Bulungan yang memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

“Kalau ke sana otomatis kita harus bermalam karena jarak KTT ke Bulungan itu sangat jauh. Makanya banyak warga KTT yang sebenarnya ingin membuat SIM. tapi tidak jadi membuatnya karena terkendala akses,” kata Ahmat salah satu warga KTT, Rabu, 11 Januari 2023.

Baca Juga :  Kades Karang Agung: Masa Jabatan Cukup 6 Tahun

Sementara itu, saat dihubungi Dirhumas Polda Kaltara, Kombes Pol Budi Rachmat mengatakan dalam menangani keluhan masyarakat terkait pembuatan SIM, pihaknya akan segara mungkin mengoptimalkan pelayanan SIM di KTT.

“Saat ini alternatifnya hanya itu. Nanti mobil SIM keliling akan kita tempatkan di area sekitar Polres KTT atau berkeliling di KTT,” kata Polisi yang akrab disapa Budi.

Baca Juga :  Polda Kaltara Gelar Bimtek Peningkatan Kinerja Pelaksanaan Anggaran TA 2023

Ia menjelaskan ada beberapa faktor yang membuat pelayanan umum di Polres KTT masih sulit berjalan dengan baik. Selain karena masih kurangnya jumlah personel polisi biasa dan personel terverifikasi khusus, belum optimalnya jaringan internet di Polres KTT juga menjadi faktor lainnya yang menyebabkan pelayanan berbasis online belum berjalan.

“Buat SIM kan sekarang harus online pelaporannya dan administrasinya, sedangkan di KTT sendiri Polres kita belum memiliki jaringan internet dan kantor khusus pelayanan SIM,” jelasnya lagi.

Baca Juga :  Avanza Hitam Tabrakan Beruntun dengan Dump Truck di Jalan Sengkawit

“begitu juga dengan personel khusus yang menangani SIM. Karena untuk melayani SIM kita harus menempatkan personel Satlantas yang sudah terverifikasi khusus pelayanan SIM,” terangnya.

Meski demikian, Budi berkomitmen kalau Polda Kaltara akan terus memperbaiki sistem pelayanan yang ada di Polres KTT agar dapat memudahkan masyarakat dalam membuat SIM.

“Kita lakukan secara bertahap, karena Polres KTT ini juga baru masih baru berusia 3 bulanan. Makanya saat ini langkah-langkah alternatif kita ialah mengoptimalkan pelayanan SIM keliling,” pungkasnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *