Terus Berbenah, Ini Capaian Polda Kaltara dalam 5 Tahun Berdiri

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Kehadiran Polda Kaltara tidak terlepas dari pembentukan Provinsi Kaltara sebagai wilayah baru pemekaran dari Provinsi Kalimantan Timur, pada tahun 2012 lalu. Di mana dinamika yang ada berbanding lurus dengan tantangan yang tentunya semakin meningkat.

Apalagi provinsi ke-34 ini secara geografis mempunyai posisi yang sangat strategis sebagai provinsi terluar di bagian utara yang berbatasan langsung dengan negara tetangga yakni Malaysia dan Filipina, serta merupakan daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN).

Kapolda Kaltara, Irjen Pol Daniel Adityajaya mengatakan setiap tanggal 9 Januari menjadi Hari Ulang Tahun (HUT) untuk Polda Kaltara, di usia 5 tahun ini, melihat perkembangan yang ada dituntut untuk segera menyesuaikan diri dengan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas baik dari Sumber Daya organisasi (SDO).

Baca Juga :  Angka Laka Tinggi, Polda Kaltara Minta Masyarakat Patuh dan Disiplin Berlalu Lintas

“Polda Kaltara diusia ke 5 tahun ini, kami harus semakin meningkatkan kemampuan profesionalitas. Dengan sumber daya yang belum sempurna namun kami siap,” ucap Irjen Pol Daniel kepada benuanta.co.id, Senin 9 Januari 2023.

Kata dia, sejak berdirinya Polda Kaltara pada tanggal 9 Januari 2018 berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor: Kep/12/1/2018, Polda Kaltara telah menunjukan eksistensinya dalam mengemban tugas pokok polri khususnya di wilayah Provinsi Kaltara.

Baca Juga :  Wakapolda Kaltara Kunjungi Rumah Duka Korban Penembakan Oknum Brimob, Kasmudi: Masalah Ini Diproses dengan Serius

Berbagai capaian baik dalam hal penegakan hukum, pemeliharaan Kamtibmas, maupun perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam 5 tahun ini Polda Kaltara telah banyak mengalami kemajuan dan perkembangan, di antaranya adalah dengan terbentuknya Polres Tana Tidung dan kenaikan tipe Polres Bulungan menjadi Polresta Bulungan.

“Dengan terbentuknya Polres Tana Tidung dan kenaikan tipe Polres Bulungan, kami harap ke depannya masyarakat semakin dimudahkan dalam mendapatkan pelayanan oleh Polda Kaltara,” tuturnya.

Baca Juga :  Angka Laka Tinggi, Polda Kaltara Minta Masyarakat Patuh dan Disiplin Berlalu Lintas

Daniel begitu akrab disapa, menyebutkan pada pertengahan tahun 2023 akan mulai dioperasionalkan sekolah polisi negara (SPN) Polda Kaltara, yang diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan profesionalitas Polri bagi masyarakat di wilayah Kaltara.

“Pencapaian Polda Kaltara selama ini tidak lepas dari dukungan Gubernur Kaltara, Forkopimda dan masyarakat Kaltara,” terangnya.

Dia menambahkan untuk komposisi personel Polda Kaltara, sampai saat ini baru mencapai 34 persen atau baru mencapai 3 ribuan orang. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor : Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *