Satukan Persepsi, Laura Tekankan Arah Kebijakan Harus Dilaksanakan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan menggelar coffee morning peningkatan daya saing melalui penguatan kualitas SDM, kinerja pelayanan publik, infrastruktur ekonomi dan pengembangan industri pengolahan berbasis sumber daya lokal, di Ruang VIP lantai 4 Kantor Bupati Nunukan, Senin, 9 Januari 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan Serfianus, serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Nunukan.

Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah menyampaikan pertumbukan ekonomi Kabupaten Nunukan dalam 5 tahun terakhir selalu lebih tinggi daripada Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Nasional. Bahkan pada tahun 2021, Kabupaten Nunukan mampu bangkit dari hantaman kontraksi ekonomi yang terjadi pada tahun sebelumnya berada di angka 0,93 persen meningkat menjadi 4,07 persen.

Baca Juga :  Pemda Nunukan Targetkan 1000 Anak Bebas dari Status Stunting Tahun Ini

Sedangkan penyumbang terbesar peningkatan LPE terdiri dari 3 sektor Produk domestik regional bruto (PDRB) pertama itu, jasa kesehatan dan kegiatan sosial, perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dansepeda motor, dan informasi dan komunikasi.

Tingkat pengangguran terbuka (TPT) Kabupaten Nunukan dalam empat tahun terakhir lebih rendah dibandingkan Provinsi Kalimantan Utara, dan nasional.

Baca Juga :  Subsidi Ongkos Angkut di Nunukan Berjalan Lancar

Namun sejak tahun 2019 terjadi tren kenaikan persentase TPT di Kabupaten Nunukan. Meningkatnya TPT juga sebagai akibat dari adanya pandemi Covid-19.

Pemerintah daerah di tahun 2023 saat ini tengah fokus pembangunan, seperti pemulihan ekonomi, akselerasi peningkatan SDM dalam mendukung pencapaian indeks pembangunan manusia dan penguatan agenda reformasi birokrasi (RB) serta penanggulangan kemiskinan ekstrem P3KE (Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem).

Bupati Laura, menegaskan rapat tahunan ini dilakukan untuk melakukan penanganan permasalahan yang ada dan langsung disampaikan, apa yang menjadi permasalahan tahun sebelumnya akan dibenahi di tahun ini.

Baca Juga :  Subsidi Ongkos Angkut di Nunukan Berjalan Lancar

Laura juga menekankan pekerjaan yang harus cepat dikerjakan jangan sampai lambat dikerjakan, karena banyak berbagai faktor seperti cuaca.

“Kita meminta awal tahun segera eksekusi, lelang untuk perencanaan dilanjutkan pelelangan fisik, pekerjaan juga harus diawasi jangan dibiarkan,” kata Laura, kepada benuanta.co.id, Senin (9/1/2023).

“Saya meminta agar kepala OPD melakukan evaluasi, saran masukan serta arah kebijakan itu harus dilaksanakan,” jelasnya.

Laura meyakinkan, agar tahun ini bisa betul-betul bermanfaat maksimalkan di masyarakat sesuai apa yang ada di RPJMD. (*)

Reporter:  Darmawan

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *