Peternak di UPT Sepunggur Dapat Bantuan Sapi Bali 

benuanta.co.id, BULUNGAN – Peternak di Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) dua Sepunggur, Kecamatan Tanjung Selor, menerima 40 ekor sapi Bali bantuan dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian RI.

“Pelaksanaannya dari Balai Besar Bibit hijau pangan ternak Padang Mengatas Bulungan mendapatkan alokasi 40 ekor ternak sapi Bali. Kita tempatkan di dua kelompok tani yang pertama di kelompok tani Sido Mukti Sepunggur 20 ekor jantan 2 ekor, betinanya 18 ekor,” ucapnya Ahad (8/1/2023).

Baca Juga :  Koramil Berikan Arahan ke Babinsa untuk Tingkatkan Pengamanan Wilayah

Kemudian kelompok peternak ke dua ada di Desa Kelubir Kecamatan Tanjung Palas Utara, yakni kelompok Makadak dengan total 20 ekor sapi Bali.

“Diharapkan itu untuk dikembangkan sehingga meningkatkan populasi ternak di kabupaten Bulungan. Yang kedua meningkat penghasilan kesejahteraan petani,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan sapi tersebut didatangkan dari Kota Palu Sulawesi Tengah.

Baca Juga :  Kantor Pertanahan Kabupaten Bulungan Sebut Aset Pemkab Masih Ada yang Belum Bersertifikat

“Dari Palu zona kuning sehingga bisa masuk ke zona kuning dan sapi sapi tersebut sudah di tes kesehatan, melalui karantina dan sampai sini juga di karantina,” bebernya.

Pihaknya menjelaskan alasan memilih peternak sapi dari UPT Sepunggur Kecamatan Tanjung Selor karena tidak ada populasi ternak sapi.

“Sehingga kami pilih disana, dan mudah-mudahan kita juga mendapatkan bantuan ternak, sehingga untuk meningkatkan dan mendukung program swasembada pangan produk daging,” tuturnya.

Baca Juga :  Jalan Usaha Tani di Bulungan akan Dibenahi Tahun Ini

Bahkan Dinas Pertanian kabupaten Bulungan sering mengajukan bantuan dengan cara bagi proposal ke pemerintah pusat.

“Beberapa permohonan petani kita sampaikan. Untuk tahun ini memang ada rencana kegiatan APBD 2 ada beberapa bantuan ternak,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *