Dinas Pertanian Bulungan akan Datangkan Bibit Semen Beku

benuanta.co.id, BULUNGAN – Mewujudkan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan atau Food Estate. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan terus melakukan pengembangan terhadap peternakan.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Bulungan, Sri Rejeki mengatakan ada 2 kelompok peternak dapat bantuan kambing cross boer dari Kementerian Pertanian RI.

“Kita kemarin juga dapat bantuan bibit semen beku dan masih uji coba disuntikkan ke kambing cross boer di Tanjung Palas ada 2 ekor,” ujarnya Minggu (8/1/2023).

Baca Juga :  Tekankan Netralitas ASN, Pemkab Bulungan Berlakukan Pengawasan Internal

Pihaknya optimis tahun ini Dinas Pertanian kabupaten Bulungan pengadaan bibit semen beku.

“Bibit semen beku sebanyak 200 per dosis atau straw. Harapan kita nanti, kita bisa lakukan pengembangan Kambing Cross Boer dengan cara inseminasi buatan,” jelasnya.

Sebab sebelumnya sebagai informasi, kata Sri, ada 2 kelompok peternak dapat kambing cross boer dari Kementerian Pertanian RI.

Baca Juga :  Tekankan Netralitas ASN, Pemkab Bulungan Berlakukan Pengawasan Internal

“Kita tempatkan di kelompok tunas harapan di Kilo 9 Desa Bumi Rahayu dan kelompok sampurna di Desa Panca Agung Tanjung Palas Utara. Satu kelompok masing-masing dapat 25 ekor kambing cross boer. Alhamdulillah perkembangannnya ada meskipun belum optimal karena masih adaptasi,” jelasnya.

Adapun dua kelompok peternak kambing tersebut masing-masing dapat 23 kambing cross boer betina dan 2 kambing boer jantan.

Baca Juga :  Tekankan Netralitas ASN, Pemkab Bulungan Berlakukan Pengawasan Internal

“Itu namanya bantuan pengembangan ternak dari kementerian pertanian melalui dirjen peternakan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *