Hujan Lebat Disertai Petir Diprediksi Masih akan Berlangsung 3 Hari ke Depan

benuanta.co.id, TARAKAN – Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tarakan memprediksi wilayah Kalimantan Utara (Kaltara) cenderung hujan. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat ini diperkirakan masih akan berlangsung pada hari ini hingga Senin, 9 Januari 2023 mendatang.

Forecaster BMKG Tarakan, Raa’ina Farah Nur Annisa menjelaskan umumnya potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat ini tidak dipengaruhi oleh Siklon Tropis Ellie maupun Bibit Siklon Tropis 96W.

Baca Juga :  DPRD Tarakan Sarankan Perumda Tak Profit agar Ditutup

Diketahui pada 5 Januari 2023 lalu terdeteksi Siklon Tropis Ellie yang terpantau berada di daratan Australia bagian barat. Sedangkan Bibit Siklon Tropis 96W terpantau berada di Luar Cina Selatan.

“Hujan lebat di wilayah Kaltara ulang dampak dari Siklon Tropis Ellie maupun Bibit Siklon Tropis 96W. Murni karena pertumbuhan awan hujan,” jelasnya, Sabtu (7/1/2023).

Ia menguraikan faktor dari pertumbuhan awan hujan ini disebabkan adanya belokan angin atau shear dan daerah pertemuan masa udara basah. Selain itu juga didukung oleh kondisi labilitas lokal yang kuat.

Baca Juga :  Satlantas Periksa Saksi dan Pengendara Truk Laka Maut di Gunung Belah

Potensi adanya cuaca buruk ini diprediksi dapat terjadi pada pagi hingga siang hari dan dini hari.

Berdasarkan rilis prediksi cuaca dari BMKG, Kabupaten Malinau dan Kota Tarakan masih didominasi hujan sedang hingga lebat pada pagi hingga siang hari. Pun dengan Kabupaten Bulungan dan Tana Tidung hujan dengan intensitas sedang masih akan berlangsung hingga siang hari.

Baca Juga :  Laka Lantas, Seorang Remaja Meregang Nyawa di Jalan Depan Kopegtel Gunung Belah

Pada malam hari wilayah Kaltara diprediksikan masih ada pada cuaca cerah berawan.

“Pada dua hari ke depan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat juga masih mendominasi di wilayah Malinau dan Tanjung Selor,” tutup Raa’ina.(*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *