Operasi Lilin 2022, 2 Orang MD Akibat Lakalantas dan 4 Kasus Tindak Pidana

benuanta.co.id, BULUNGAN – Berjalan selama 2 pekan lamanya sejak tanggal 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023, Operasi Lilin Kayan yang dilaksanakan Polres Bulungan didapati beberapa kejadian baik lakalantas maupun tindak pidana kriminal.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar melalui Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Bulungan Kompol Kemas Zein Errie Limantara jika rentan 14 hari operasi lilin ini didapati adanya 3 kasus laka lantas yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa.

“Pertama di Jalan Manunggal penyebabnya roda dua dengan roda 2 didapati 1 orang meninggal dunia dan satunya luka berat,” ujarnya kepada benuanta.co.id, Kamis 5 Januari 2023.

Baca Juga :  Ketua DPRD Bulungan Ingin Dewan Perjuangkan Aspirasi Rakyat

Lanjutnya, laka lantas yang terjadi di Kilometer 56 Poros Bulungan Berau antara mobil fortuner dengan truk bermuatan kelapa sawit. Dalam peristiwa tabrakan ini petugas dapati 1 orang meninggal dunia yang merupakan penumpang mobil Fortuner.

“Kemudian arah KTT ini roda 2 versus roda 2,” tuturnya.

Selain itu masih di operasi lilin didapati kasus pencurian sepeda motor, kasus penggelapan, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan perlindungan perempuan dan anak (PPA). Sehingga tindak pidana yang ditangani ada 4 kasus.

Baca Juga :  Batas Darat Selesai, Batas Laut Sebatik-Tawau Masih Bermasalah

“Kalau kita lihat, kasus yang terjadi di operasi lilin 2022 ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Kalau tahun 2021 hanya 1 kasus tindak pidana tahun 2022 ada 4 kasus, sementara kasus lakanya tetap sama 3 kasus,” sebutnya.

Mantan Kasat Reskrim Polres Singkawang ini dalam pelaksanaan operasi lilin, pihaknya mengevaluasi utamanya penanganan laka lantas. Maka perlu adanya langkah preemtif dan preventif kaitannya edukasi kepada masyarakat.

Baca Juga :  Gerindra Bulungan Masih Buka Penjaringan Bakal Calon Pileg

“Mungkin juga agar dipercepat kita menggunakan ETLE seperti yang ada di Tarakan. Ini butuh sinergi antara pemerintah dan Polres Bulungan, untuk panjangnya,” paparnya.

Dia menambahkan, jika selama operasi lilin Polres Bulungan menurunkan personel sebanyak 225 orang, yang merupakan personel gabungan dari Polres Bulungan, polsek jajaran dan petugas dari Kodim 0903 Bulungan, Satpol PP dan Dishub.(*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *