105 Anggota PPK Nunukan Dilantik, Pemkab Inginkan Jaga Netralitas

benuanta.co.id, NUNUKAN – Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu tahun 2024 dilantik di Ballroom Hotel Laura Nunukan, pada Rabu, 4 Januari 2023. Pelantikan ini dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra, Setda Kabupaten Nunukan, Muhammad Amin.

Sebanyak 5 orang kandidat dari setiap kecamatan dengan total 105 orang kandidat dilantik sebagai anggota panitia pemilu, ditandai dengan pembacaan sumpah dan penandatanganan pakta integritas. Dari 105 PPK yang dilantik tersebut terdiri dari 22 orang wanita dan 83 laki-laki.

Asisten Pemerintahan dan Kesra, Setda Kabupaten Nunukan, Muhammad Amin, mengatakan saat ini tahapan menuju pemilu tahun 2024 sudah mulai berjalan. Beberapa waktu lalu, KPU telah menetapkan partai-partai politik yang akan ikut berlaga dalam pemilu tahun 2024, yang akan diikuti oleh tahapan berikutnya.

Baca Juga :  Menteri PAN-RB: Seleksi CASN 2023 Dibuka Untuk Umum

“Atas nama pemerintah Kabupaten Nunukan, saya mengucapkan selamat kepada seluruh anggota PPK yang telah dilantik pada hari ini. Semoga PPK yang dilantik pada hari ini mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik – baiknya,” kata Muhammad Amin.

Sebagai pelaksana teknis pemilu di tingkat kecamatan, PPK harus mampu memahami seluruh regulasi yang telah ditetapkan. PPK juga harus mampu menjaga netralitasnya, mampu menjaga jarak yang sama dengan semua peserta pemilu, baik partai politik maupun perseorangan.

Baca Juga :  Waketum PBNU: Siapa pun Boleh Beri Ucapan Selamat 1 Abad NU

Netralitas dan profesionalisme ini menjadi begitu penting, karena kekuatan PPK sejatinya memang berada di kedua aspek tersebut. Menurutnya tanpa netralitas, PPK akan sangat mudah dipengaruhi oleh pihak-pihak lain, yang hanya akan membuat pemilu menjadi tidak adil.

“Tanpa profesionalisme, PPK tidak tahu apa yang akan dikerjakan dalam menghadapi dinamika yang terjadi,” ujarnya.

Kendati harus memegang teguh netralitas, namun PPK tidak boleh menjadi sosok yang tidak tersentuh. Ia mengharapkan PPK mampu membangun komunikasi yang baik dan efektif kepada semua stakeholder yang terkait dengan pemilu. Baik partai politik, aparat keamanan, panwaslu, hingga tokoh-tokoh masyarakat, sehingga PKK bisa mendapatkan dukungan yang penuh dalam melaksanakan tugas-tugas yang diembannya.

Baca Juga :  Ketua KPI Sambut Baik Rencana Deklarasi PERSIARI

“Saya yakin jika semua stakeholder yang terkait dengan pemilu bisa bersinergi dengan baik, maka kita optimis pemilu tahun 2024 mendatang akan berlangsung dengan baik. Membawa kegembiraan bagi seluruh masyarakat, pemilu yang menyatukan, dan membawa harapan, bukan pemilu yang menakutkan, dan memecah belah persatuan dan kesatuan masyarakat,” imbuhnya.

Ketua KPU Kabupaten Nunukan Rahman, mengatakan, PPK sebagai perpanjangan tangan di KPU jadi mereka bekerja harus berintegritas, netralitas dan profesionalme dalam bekerja.

“Kepercayaan publik harus kita jaga,” tandasnya. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *