Pemilik Toko atau Agen di Nunukan Diminta Menyisihkan Barang Kedaluwarsa

benuanta.co.id, NUNUKAN – Melihat banyaknya produk makanan dan minuman kedaluwarsa yang ditemukan baik di toko kecil maupun agen, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Nunukan akan mengeluarkan surat edaran dalam waktu dekat terkait penyisihan dari agen.

Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) Satpol PP Kabupaten Nunukan, Edy menyampaikan hal itu dilakukan agar setiap bulannya ketika pihaknya melakukan patroli melakukan pengecekan barang kedaluwarsa akan dibuatkan berita acara penarikan.

Baca Juga :  250 Tanda Batas Lahan di Nunukan Bakal Digelar Serentak Februari

“Itu tidak menggangu secara operasional ketika mereka menjual, karena ketika kita melakukan razia membuat para pembeli merasa risih, dengan jumlah personel banyak. Sehingga kami meminta bagi pemilik toko barang untuk melakukan pengecekan barang kedaluwarsa dan jika ada harus dipisahkan, jadi kami hanya mendata tidak perlu lagi cek satu persatu barang tersebut,” kata Edy kepada benuanta.co.id, Senin (2/1/2023).

kata Edy, sinergitas antara Satpol-PP dan pemilik toko memiliki kesadaran ketika makanan kedaluwarsa yang tidak layak untuk diperjualbelikan maka mereka bisa menyisihkan sendiri. Seusai dengan peraturan daerah kabupaten Nunukan nomor 5 tahun 2017.

Baca Juga :  Tega, Si Paman Jadikan Ponakannya Budak Nafsu Bejatnya, Melati Hamil Muda

Lanjut dia, dulu yang selalu dijadikan objek pemeriksaan barang kedaluwarsa adalah agen-agen besar, namun pihaknya mulai menyisir pertokoan kecil, dan hal itu terbukti banyak penarikan yang dilakukan oleh Satpol-PP barang kedaluwarsa.

“Alasan mereka saat kita tarik barang tersebut baru mereka ambil dari agen, setelah kita pelajari si toko-toko kecil ini dia tidak memilih sendiri, karena sudah ada langganan dia hanya memberikan daftar barang tersebut tanpa melihat kedaluwarsa barang tersebut,” jelasnya.

Baca Juga :  25 Napi Lapas Nunukan Dapat Asimilasi Rumah, Sejumlah Syarat Wajib Dipenuhi

Dari 10 kecamatan ada ribuan barang yang kedaluwarsa ditarik oleh Satpol-PP, dia mengingatkan kepada masyarakat agar lebih jeli melihat tanggal kedaluwarsa barang sebelum membayar. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *