Perketat Pengamanan di Perbatasan, Kapolda Kaltara Resmikan Pos Brimob di Sebatik

benuanta.co.id, NUNUKAN – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Utara (Kaltara), Irjen Pol Daniel Adityajaya, S.H., S.I.K., M.Si meresmikan Pos Brimob Sebatik Kompi 3 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltara pada Selasa (27/12/2022).

Pos Brimob tersebut beralamatkan di Perumahan BTN Jalan Sultan Hasanuddin RT 10 Lalo Salo, Desa Sungai Pancang, Kecamatan Sebatik Utara, Kabupaten Nunukan.

Kapolda Kaltara, Irjen Pol. Daniel Adityajaya, S.H., S.I.K., M.Si menyampaikan, salah satu tantangan tugas di Polda Kaltara adalah karakteristik wilayah yang berbeda, khususnya yang ada di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan.

“Kabupaten Nunukan ini, memiliki letak geografis baik daratan maupun perairan yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia serta Philipina,” kata Daniel Adityajaya.

Ia mengungkapkan, dengan letak geografis tersebut, tentunya kerawanan Kamtibmas seperti kejahatan terhadap kekayaan Negara,  baik penyeludupan Narkoba dan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Ilegal serta kegiatan ilegal lainnya sering dijumpai di perbatasan.

Baca Juga :  Dinas Perikanan Nunukan Dorong Adanya UPT Pengawasan dan Konservasi Kaltara

Sehingga, ia berharap dengan peresmian pengoperasian Pos Brimob di Pulau Sebatik tersebut adalah salah satu upaya dari Polda Kaltara untuk mengoptimalkan pelaksanaan tupoksi kepolisian, khususnya fungsi dan peran Korps Brimob di dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat di pulau sebatik dan Kaltara secara umum.

“Dengan adanya penempatan Pos Brimob di Pulau Sebatik ini kita harapkan menjadi bagian dari wujud nyata sinergitas seluruh unsur pemerintahan dengan masyarakat dalam menjaga Kamtibmas,” ungkapnya.

Ia menegaskan, dengan adanya Pos Brimob tersebut dapat menegakan hukum dan menjaga kedaulatan NKRI bersama dengan seluruh Stake Holder terkait lainnya seperti Pemerintah Daerah setempat, Pasukan Satgas Pamtas, Bea Cukai, Imigrasi, serta satuan TNI dan Polri.

Baca Juga :  Satu Arah Resmi Diberlakukan di Jalan Yamaker, Lawan Arah Siap-siap Ditilang

“Yang terpenting juga ialah bagaimana peran masyarakat di wilayah Sebatik untuk senantiasa dapat berkomunikasi, berkolaborasi dengan para aparat, sehingga dalam memberikan pengabdian dan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan bangsa,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Nunukan,  H. Hanafiah yang turut menghadiri Peresmian Pos Brimob tersebut berharap dengan keberadaan Pos Brimob Sebatik Kompi 3 Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltara tersebut bisa menunjang dan meningkatkan pelaksanaan tugas – tugas dari jajaran Brimob yang berada di wilayah Sebatik.

“Kita tauh bersama, Sebatik merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia, baik berbatasan secara daratan maupun laut, sehingga sangat rawan dengan aksi-aksi kejahatan,” kata Hanafiah.

Baca Juga :  Biaya Haji Tahun Ini Naik, Kemenag Nunukan Masih Menunggu Keputusan Final

Diungkapkannya,  sebagai daerah perbatasan, wilayah Sebatik memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi, rawan terhadap aksi-aksi penyelundupan barang, perdagangan orang, terorisme, maupun penyelundupan narkotika dan obat – obatan terlarang.

Ia menyampaikan, Pulau Sebatik membutuhkan kehadiran aparat kepolisian yang profesional dan memadai untuk menangani semua kerawanan itu.

Sehingga dengan kehadiran Pos Brimob di wilayah Sebatik ini akan semakin memberikan rasa aman dan tentram bagi masyarakat setempat.

“Sebagai aparat harus menyatu dengan masyarakat, rebut hatinya, sehingga pada akhirnya polisi dan masyarakat menyatu dan menjadi sebuah kekuatan dan mampu menghadapi tantangan  apapun yang ada di perbatasan,” ungkapnya. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Matthew Gregori Nusa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *