Covid-19 Melandai, Dinkes Kaltara Wacanakan Ambil Sampel Darah

benuanta.co.id, BULUNGAN – Perkembangan kasus Covid-19 di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) berdasarkan pantauan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltara, hingga tanggal 27 Desember 2022 melandai.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltara, Usman SKM, M.Kes mengatakan data Covid-19 di 5 kabupaten kota sudah tidak ada penambahan kasus.

“Ada 3 daerah yakni Bulungan, Tana Tidung dan Nunukan sudah zona hijau sedangkan Tarakan dan Malinau masih zona kuning. Tapi hingga saat ini tidak ada penambahan kasus baru,” ucap Usman kepada benuanta.co.id, Rabu 28 Desember 2022.

Baca Juga :  Manfaat Air Murni Bagi Tubuh

Kata dia, sejak awal hingga sampai saat ini kasus positif ada 46.056 orang dengan kasus meninggal dunia ada 884, sedangkan yang negatif ada 17.890 orang.

“Sampai saat ini positif yang sudah sembuh mencapai 45.163 orang,” sebutnya.

Hanya saja, dalam wacana pencabutan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Indonesia, pihaknya akan melaksanakan kajian tentang tingkat imunitas masyarakat di Kaltara.

Baca Juga :  Pasien Diabetes Idealnya Periksa Gula Darah Rutin Tujuh Kali Sehari

“Kita akan melakukan seor survei untuk melihat jumlah populasi penduduk Kaltara yang telah punya antibodi terhadap virus SARS-CoV2,” ungkapnya.

Kata dia, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah menginstruksikan seluruh Dinas Kesehatan untuk melakukan pengambilan sampel darah dalam sero survei.

“Pengambilan sampel akan kita laksanakan di Bulungan dan Tarakan jumlahnya sekitar 400 sampel dari masing-masing daerah,” terangnya.

Baca Juga :  Manfaat Air Murni Bagi Tubuh

Dia menambahkan antibodi terbentuk ketika masyarakat telah menerima vaksinasi dosis yang lengkap.(*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *