Satu Suara Awasi Malam Pergantian Tahun Baru di Bulungan

benuanta.co.id, BULUNGAN – Pergantian malam tahun baru menjadi perhatian pemerintah daerah dan kepolisian. Pasalnya dalam momen tersebut ada beberapa hal yang harus dihindari oleh masyarakat agar tidak menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtibmas).

Salah satunya penggunaan petasan dan kembang api (bunga api) yang skala besar dilarang digunakan, jika pun ingin menggunakan maka harus ada izin dari kepolisian.

“Jadi penggunaan kembang api diatas 2 inchi itu harus ada izin dari Polda Kaltara. Lalu yang meledakkan itu harus punya sertifikat,” ungkap Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar kepada benuanta.co.id, Selasa 27 Desember 2022.

Baca Juga :  Jalan Usaha Tani di Bulungan akan Dibenahi Tahun Ini

Jika nantinya ada yang melanggar tetap menggunakan dari ukuran yang telah di informasikan, tidak hanya pembubaran saja tapi akan dilanjutkan dengan proses pidana.

“Tidak punya izin maka kita pidanakan, itu masuk dalam Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951,” tegasnya.

Sementara petasan atau kembang api dibawah 2 inchi diperbolehkan dengan syarat memberikan informasi kepada petugas. Kata dia untuk distributor petasan di Bulungan hanya ada 1 saja yang kini terus dipantau oleh polisi.

Baca Juga :  KTP Bakal Jadi NPWP, Pemutakhiran Data Sudah 40 Persen

“Yang punya izin baru 1 distributor, yakni Toko Malik. Untuk petasan kecil tetap bisa digunakan tapi kami awasi,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Bulungan Syarwani menjelaskan jika pihaknya bersama TNI Polri melakukan imbauan kepada masyarakat yang melaksanakan perayaan tahun baru, untuk bersama-sama menciptakan situasi yang kondusif.

“Kita minta masyarakat yang merayakan tahun baru tetap aman dan damai. Pesan pak Kapolda kemarin itu dalam menggunakan petasan skala besar harus punya izin dan memang begitu aturannya,” tuturnya.

“Bukan dilarang, tapi harus ada perizinan yang diketahui oleh pihak kepolisian. Saya imbau kepada masyarakat mari bersama-sama tertib menyambut tahun baru. Mengutamakan keamanan dan kedamaian,” tambahnya.

Baca Juga :  Satpol PP Bulungan Janji Bakal Cari Area Baru untuk PKL

Dirinya pun meminta masyarakat untuk merayakannya bersama keluarga di rumah, bahkan dalam pekan ini pihaknya sudah menyampaikan surat edaran secara terbuka kepada kelompok masyarakat.

“Jangan sampai selesai tahun baru kita tudak aman dan kondusif, begitu juga minuman beralkohol agar dihindari yang memiliki potensi tidak baik,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *